SOLOPOS.COM - Logo Otoritas Jasa Keuangan (JIBI/Solopos/Dok.)

 Industri perbankan disarankan memacu penyaluran kredit untuk sektor produktif.

Solopos.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong kepada industri perbankan untuk memacu penyaluran kredit khususnya pada sektor produktif supaya lebih agresif.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Hal itu terungkap saat Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan rutin terkait perkembangan terkini mengenai kondisi perekonomian dalam negeri maupun luar negeri sehubungan target mencapai pertumbuhan ekonomi 5,7%.

Pejabat yang hadir dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tadi pagi adalah Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara.

Muliaman mengatakan untuk sektor industri keuangan sejauh ini tidak mengalami persoalan berarti meskipun dalam beberapa bulan terakhir terjadi gejolak seperti penguatan mata uang dolar AS terhadap rupiah.

“Karena memang pertumbuhan ekonomi jadi concern kita, sejak beberapa triwulan ini mengalami penurunan, ya kita ingin paling tidak kredit-kredit produktif perbankan sedikit membantu pertumbuhan ekonomi,” katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (20/4/2015).

Target pertumbuhan kredit perbankan tahun ini adalah 16,4%. Muliaman sampai saat ini masih yakin target itu bakal tercapai sampai akhir tahun. “Target 16,4% masih on track,” jelas dia.

Sebelumnya OJK mengharapkan mengharapkan kredit ritel terutama sektor konsumsi ditingkatkan untuk menopang pertumbuhan ekonomi. Dengan mendorong kredit konsumsi ia berharap kredit lainnya ikut meningkat.

Data OJK menyatakan kredit konsumsi bank umum terus meningkat. Sepanjang tahun lalu total nilai kredit konsumsi yang disalurkan bank-bank umum mencapai Rp1.013 triliun atau tumbuh 11,01% dari tahun sebelumnya Rp912,5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya