SOLOPOS.COM - Ilustrasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) didampingi Ibu Negara Ny. Ani Yudhoyono (kanan) menuruni tangga pesawat khusus kepresidenan (JIBI/Solopos/Antara//Widodo S. Jusuf)

Solopos.com, JAKARTA — Pergantian pemerintahan di Australia tidak akan membawa banyak perubahan terhadap hubungan bilateral Indonesia dengan Australia. Dugaan ituy dikemukakan Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah saat menjemput kepulangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama rombongan dari lawatan ke luar negeri di Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu (8/9/2013).

Menurut Teuku Faizasyah, Presiden SBY telah mendapatkan laporan tentang hasil pemilu di Australia. Presiden dan jajaran pemerintah Indonesia, lanjutnya, saat ini terus berhubungan erat dengan pemerintahan transisi Australia sambil menunggu pelantikan perdana menteri baru di negara tersebut.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Faiz menegaskan perubahan kepemimpinan di Asutralia tidak akan mengubah hubungan politik Indonesia dengan Australia. Kedua negara, jelasnya, memiliki hubungan baik yang telah diperkuat oleh perjanjian kemitraan strategis. “Jadi siapapun yang menjadi kepala pemerintahan di Australia, hubungan yang sudah baik tinggal dilanjutkan saja,” katanya.

Selain itu, Faiz memaparkan pemerintah Indonesia memiliki pengalaman baik berkerja sama dengan pemerintahan koalisi Partai Nasionalis-Liberal Australia. Berbagai perjanjian bilateral penting antara Indonesia dan Australia, jelasnya, justru terjalin saat pemerintahan Perdana Menteri John Howard dari partai Nasionalis-Liberal. “Hubungan pemerintahan tidak akan banyak bervariasi, dalam arti sikap politiknya, kita tidak melihat banyak perubahan, akan tetap,” kata Faiz.

Koalisi Partai Nasionalis-Liberal mengalahkan Partai Buruh dalam pemilu federal Australia yang berlangsung Sabtu (7/9/2013). Kemenangan tersebut akan mengantarkan Tony Abbott sebagai Perdana Menteri baru Australia menggantikan Kevin Rudd.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya