SOLOPOS.COM - Menlu Retno Marsudi saat menyampaikan informasi terkait pembebasan TKI atau WNI di Kamboja yang menjadi korban penyekapan, Sabtu (30/7/2022). (Youtube MoFA Indonesia)

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi memaparkan fokus diplomasi Indonesia tahun 2023 adalah kedaulatan negara dan perlindungan WNI. “Pertama penguatan diplomasi kedaulatan, perundingan perbatasan maritim akan difokuskan antara lain finalisasi kesepakatan batas laut teritorial dengan Malaysia di segmen laut Sulawesi dan Selat Malaka bagian selatan,” katanya, Rabu (11/1/2023).

Dalam hal ini Presiden Indonesia Joko Widodo dan PM Malaysia telah berkomitmen menyelesaikan kesepakatan batas negara pada tahun ini, dan juga dengan Filiphina. “Perundingan penetapan batas landas kontinen dengan Filipina, kesepakatan teknis dengan Pulau Palau untuk memperoleh kesepakatan sebagian garis batas ZEE di segmen tertentu,” lanjutnya.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Lebih lanjut, untuk menyelesaikan batas darat, prioritasnya antara lain kesulitan penegasan batas darat dengan Timor Leste, dan menyelesaikan masalah batas darat Indonesia-Malaysia di sektor timur. Kedua, Indonesia akan memperkuat perlindungan diplomasi untuk WNI.

“Memperkuat diplomasi perlindungan. Portal peduli WNI versi 2.0 dan versi aplikasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik akan diperkuat, selain itu juga akan dilakukan percepatan pembangunan koridor migrasi ketenagakerjaan sektor formal yang aman dan merata, perluasan kerja sama dalam penanganan khususnya terkait kejahatan cyber,” katanya . Selanjutnya perlindungan data WNI di luar negeri untuk pemilu, dan pembaruan data WNI yang ada di luar negeri.

“Untuk mendukung pelaksanaan pembaruan data WNI di luar negeri terus kami lakukan baik di pusat maupun di perwakilan tugas. Jelas memastikan pemenuhan hak politik WNI di luar negeri dan menjamin akuntabilitas data pemilih di luar negeri,” tulisnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul 2023, Menlu Retno Sebut Fokus Diplomasi Kedaulatan Negara dan Perlindungan WNI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya