SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Inacraft 2015 digelar di Jakarta Convention Center, 8-12 April 2015.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo berbagi trik agar produk kerajinan Indonesia laku di pasar internasional terutama Eropa yakni dengan merekrut desainer negara pasar tujuan seperti Italia dan Prancis.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Hal itu pernah diterapkan oleh Jokowi saat menjadi pengusaha mebel dahulu. Dengan menggaji desainer bule memang akan menambah biaya produksi tetapi akan meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan.

“Saya pikir produk Indonesia bisa menggunakan cara-cara seperti itu, membantu produk-produk kerajinan kita ke pasar, bisa bersaing baik secara kualitas dan harga,” katanya saat membuka Pameran Inacraft ke-17 di Jakarta Convention Center, Rabu (8/4/2015).

Dijelaskan presiden, selera pasar Asia dengan Eropa berbeda sehingga produsen kerajinan dalam negeri perlu inovasi. Ia meminta Badan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Perdagangan untuk membantu para pelaku usaha berkaitan dengan desain, kemasan, dan marketing.

“Badan Ekonomi Kreatif nanti di situ banyak profesional-profesional yang bisa meng-hire misalnya desainer dari luar kenapa tidak. Badan baru ini yang akan mendorong,” ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya