SOLOPOS.COM - Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) atau Ikatani Solo menggelar Munas dan Reuni akbar di kampus setempat, Sabtu (18/3/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) atau Ikatani Solo menyelenggarakan Munas dan Reuni akbar di kampus setempat, Sabtu (18/3/2023).

Ketua Panitia Munas dan Reuni Akbar Ikatani 2023, Agung Wibowo, mengatakan acara ini diselenggarakan rutin setiap empat tahun sekali. Seharusnya munas dan reuni kali ini diadakan pada 2020. “Tapi karena dari pemerintah ada PPKM [pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat] jadi kita tunda. Padahal waktu itu kita sudah bentuk panitia dan membahas hal-hal teknis,” kata Agung ketika ditemui di kantornya, Sabtu.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Menurutnya, munas dan reuni akbar selalu dilaksanakan dalam satu kesatuan. Dia mengatakan konsep reuni akbar melibatkan angkatan paling awal sampai akhir. “Ini yang kita undang sejak 1976 sampai 2017, kalau dihitung kira-kira 45 angkatan,” tambah dia.

Sedangkan Munas hanya diundang perwakilan dari masing-masing angkatan. Dari perwakilan tersebut kemudian bermusyawarah menentukan ketua dan pengurus periode 2023-2027. “Istilahnya delegasi ya, ada empat angkatan per delegasi, jadi untuk pemilihan ketua umum,” tutur dia.

Selain pemilihan ketua baru, Agung mengatakan ketua yang lama memberikan laporan pertanggungjawaban selama menjabat satu periode. Termasuk, membuat program-program selama empat tahun ke depan. “Lalu di Munas juga ada pembahasan AD/ART, karena bisa jadi kan perubahan yang dirasa perlu,” lanjut dia.

Peserta reuni akbar kali ini datang dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, Agung menyebut banyak yang datang dari luar Jawa, seperti dari Sumatra, Kalimantan, Denpasar, Sulawesi, sampai Lombok. “Di acara ini ada dari beberapa pulau yang berkumpul di sini,” kata dia.

Ikatani UNS, dinilainya, cukup membantu masyarakat terutama melalui kegiatan dan program kerja yang tersusun pada periode sebelumnya. Setidaknya ada beberapa bidang yang sudah disentuh seperti pertanian, pendidikan, dan sosial masyarakat.

“Misal terkait dengan beasiswa alumni melalui penggalangan dana. Ini masalah ada beberapa mahasiswa yang kesulitan nanti kita bantu. Pengabdian masyarakat lewat penghijauan, donor darah, lalu ada penyuluhan kelompok-kelompok tani ke berbagai daerah di Soloraya,” lanjut dia.

Sementara itu pada malam puncak munas dan reuni akbar Ikatani UNS ini akan dimeriahkan penampilan band papan atas, Jamrud. Menurut Agung ini merupakan kali pertama Ikatani UNS mengundang artis berskala nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya