SOLOPOS.COM - Seorang model berdiri di samping mobil FUN-VII 1 yang dipamerkan di ajang IIMS 2013.

Seorang model berdiri di samping mobil FUN-VII 1 yang dipamerkan di ajang IIMS 2013.

Harian Jogja.com, JAKARTA–Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) ke-21 yang digelar di JIExpo, Jakarta, resmi dibuka Kamis (19/9/2013). Ajang ini seperti menjadi petunjuk akan ke mana arah teknologi kendaraan bergerak di masa depan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebuah mobil dengan bentuk asing berada di sudut panggung utama Toyota. Sekilas hanya bentuknya saja yang berbeda dengan mobil yang sudah-sudah.

Tetapi orang akan langsung tersenyum ketika tiba-tiba bodi kendaraan berubah tampilan. Bukan hanya warna, tetapi gambar bunga, wajah atau apapun bisa tampil di bodi kendaraan.

”Ini mobil masa depan yang diciptakan Toyota,” kata Rahmat Samulo, Marketing Director Toyota Astra Motor dalam pembukaan IIMS 2013.

Fun Vii, nama kendaraan itu merupakan salah satu special exhibition yang ditampilkan Toyota. Kendaraan ini memang unik, dinding luar mobilnya tidak lagi dibuat dari pelat. Tetapi dipasang layar LED sehingga tampilan bisa disetting sesuka hati.

”Ketika sedang jatuh cinta, pemilik bisa mengganti dengan gambar bunga misalnya. Jadi mobil dan pemiliknya ada hubungan interaktif,” katanya. Kapan kendaraan ini akan diluncurkan? Belum ada waktu yang pasti.

Bukan hanya Fun Vii, Toyota juga memasang TS030. Sebuah mobil balap F-1. Uniknya mesin yang digunakan adalah mesin hybrid. ”Selama ini mobil balap selalu identik dengan power besar dan tenaga boros. Tetapi Toyota menciptakan TS030 dengan mesin hybrid. Dan ternyata mobil ini tiga kali juara dalam balapan Leman di Brasil dan Jepang,” tambahnya.

Dua kendaraan ini menjadi sedikit gambaran bagaimana arah teknologi kendaraan di masa depan. Mobil tidak lagi sekadar tunggangan tetapi telah menjadi bagian hidup pemilik itu sendiri. Dan yang pasti terus bergerak pada teknologi yang ramah lingkungan.

Ajang yang akan digelar hingga 29 September nanti juga menjadi ajang adu pamer teknologi masa depan. Sebanyak 35 agen pemegang merk berlomba-lomba unjuk gigi teknologi yang dibenamkan di mobil produksinya.

Daihatsu misalnya yang juga memampang beberapa mobil konsep. Salah satunya Ultra Function Compact (UFC) 2. Sebuah mobil kompak tujuh tempat duduk. Lagi-lagi teknologi canggih dijanjikan ditanam di kendaraan ini.

Sementara Nissan menawarkan mobil konsep Nissan Terra dengan konsep modern. Intinya, mobil masa depan adalah kuda besi yang  seolah punya jiwa, cerdas, interaktif, tenaga besar tetapi hemat energi. Mungkinkah? Hanya waktu yang nanti akan menjawabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya