SOLOPOS.COM - Institut Islam Mamba'ul 'Ulum (IIM) Surakarta menyelenggarakan kegiatan pembekalan praktik pengalaman lapangan (PPL) Peningkatan Kompetensi Pembelajaran bagi Guru dan Calon Guru, di Kampus IIM Surakarta, Sabtu (22/7/2023). (Istimewa/IIM Surakarta)

SOLO–Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta menyelenggarakan kegiatan pembekalan praktik pengalaman lapangan (PPL) dengan tema Peningkatan Kompetensi Pembelajaran bagi Guru dan Calon Guru, Sabtu (22/7/2023).

Kegiatan yang digelar Fakultas Tarbiyah di Kampus IIM Surakarta ini melibatkan 25 lembaga pendidikan setingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) sederajat di wilayah Soloraya. Pada kegiatan ini, IIM mengundang seluru pamong dari sekolah yang bersangkutan serta dua perwakilan mahasiswa dari setiap kelompok PPL .

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Sekolah tersebut adalah MTs Al Islam Jamsaren, SMPIT Insan Mulia Surakarta, MA Al Islam Jamsaren, SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, dan SMA Al Firdaus Surakarta. Kemudian MTs N 1 Sukoharjo, SMA Al Islam 1 Surakarta, MAN 2 Surakarta, SMK M 2 Sukoharjo, dan SMP M 8 Sukoharjo.

Selain itu SMP M Imam Suhodo, MTs M Blimbing, SMP Al Irsyad Surakarta, MAN 1 Surakarta, dan MI Ta’mirul Islam Surakarta. Selanjutnya MI Al Isam Jamsaren, Baitul Hikmah 1, Baitul Hikmah 2, Al Husnayain, Darul Falah, Sambi, Al Fatih, Budi Utomo, Ar Risalah, dan SMP Muhammadiyah 5 Kerjo Karanganyar.

Rektor IIM Surakarta, H. Muh Kurniawan B.W., saat membuka pembekalan menyampaikan para mahasiswa yang akan melaksanakan PPL agar menjaga nama almamater, diri sendiri, keluarga, dan sekolah. “Diharapkan agar tetap menjaga adab dan etika selama PPL,” ujar Muh Kurniawan, seperti dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Acara pembekalan diisi dengan pengantar dan mekanisme PPL oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Agama Islam IIM Surakarta yang juga Ketua Panitia PPL, H. M. J. Nashir, beserta Kaprodi PGMI, Lailla Hidayatul Amin.

Kegiatan juga diisi teknik pengelolaan pembiayaan atau keuangan selama PPL oleh Edy Muslimin serta teknik penyusunan laporan PPL dan luaran yang sampaikan oleh Joko Subando. Kemudian pembahasan kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP) sebagai penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah yang disampaikan oleh Slamet Budiyono. Selain itu strategi pembelajaran kreatif dan inovatif pada Kurikulum Merdeka yang disampaikan oleh Lanjar Utami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya