SOLOPOS.COM - (Dok/JIBI/Bisnis)

(JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

Jakarta (Solopos.com)- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia, Rabu (20/7/2011) dibuka menguat 15,39 poin setelah mendapat sentimen positif dari bursa global yang bergerak naik. IHSG dibuka menguat 0,38 persen ke posisi 4.038,81, Indeks 45 saham unggulan (LQ45) juga naik 3,99 poin atau 0,56 persen ke posisi 714,20.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Analis Batavia Prosperindo Securities, Billy Budiman di Jakarta, mengatakan kembali menguatnya bursa global menjadi katalis penguatan indeks BEI dibuka menguat. Selain itu, lanjut dia, positifnya ekspektasi laporan keuangan emiten pada semester pertama 2011 yang segera diterbitkan menambah sentimen positif IHSG hari ini. “Bursa global mulai rebound dan juga ekspektasi laporan keuangan emiten semester satu tahun ini diperkirakan meningkat menjadi sentimen positif pasar dalam negeri,” katanya. Ia memperkirakan, pergerakan indeks BEI pada Rabu ini akan berada pada kisaran 3.980 hingga 4.050 poin dengan kecenderungan menguat. Sementara beberapa saham yang direkomendasikan oleh Billy diantaranya Bank Mandiri (BMRI), Sampoerna Agro (SGRO), Tunas Baru Lampung (TBLA), Borneo Lumbung energi & Metal (BORN).

Bullish
Analis Indopremier Securities, Ihsan Binarto menambahkan, kondisi indeks BEI saat ini masih dalam tren bullish (penguatan) seiring kondisi ekonomi dalam negeri yang terus tumbuh. “Indeks masih akan terus menguat seiring pertumbuhan ekonomi yang akan terus tumbuh hingga akhir tahun,” katanya. Ia mengatakan, perdagangan saham hari ini diperkirakan akan dimotori oleh saham-saham sektor properti dan perkebunan. “Pada perdagangan sebelumnya sektor properti menahan pelemahan indeks lebih dalam, hari ini ditambah dengan sektor perkebunan akan mendorong indeks BEI diikuti dengan saham sektor lainnya,” ucapnya. Ia memrediksi, pada perdagangan hari ini IHSG akan kembali bergerak dalam penguatan dengan kisaran 3.990-4.040 poin.

Sementara di bursa regional di antaranya, Indeks Hang Seng menguat 40,20 poin (0,18 persen) ke level 21.942,60, Indeks Nikkei-225 naik 132,88 poin (1,34 persen) ke level 10.022,60, dan Indeks Straits Times menguat 9,71 poin (0,31 persen) ke level 3.105,83.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya