SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Iduladha 2015 di Masjid Istiqlal kembali diwarnai kurban kepala negara.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan hewan kurban seekor sapi lokal dari Probolinggo Jawa Timur seberat 1,3 ton kepada Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI).

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Secara simbolis, penyerahan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi kepada Ketua BPPMI Mubaraq.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada hari ini menyerahkan hewan kurban dari bapak Presiden. Ini salah satu hewan kurban diantara tempat lain,” kata Yuddy Chrisnandi seusai salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (24/9/2015).

Saat ini Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Selatan. Di tempat itu Presiden juga menyerahkan hewan kurban. Tempat penyerahan kurban lainnya berada di Jambi, Solo dan berbagai provinsi di Tanah Air.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan sapi kurban Wakil Presiden Jusuf Kalla secara simbolis oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman seberat 1,3 ton juga berasal dari Probolinggo Jawa Timur.

Wapres Jusuf Kalla juga sedang melakukan kunjungan kerja luar negeri di Amerika Serikat. Alhasil salat Idul Adha di Istiqlal tahun ini tidak dihadiri oleh Presiden maupun wakil Presiden.

BPPMI akan melakukan pemotongan hewan kurban pada nanti malam kemudian langsung didistribusikan kepada komunitas-komunitas di Jakarta. Masjid Istiqlal menerima hewan kurban 23 ekor sapi dan 10 ekor kambing.

“Kami terima hewan kurban seberat 1.300 kilogram, kami terima dan kami akan laksanakan pemotongannya pada malam hari ini, dan diantar kepada komunitas-komunitas yang sudah dipersiapkan di Jakarta,” ujar Mubaraq.

Setelah prosesi serah terima hewan kurban, Imam Besar Istiqlal Ali Mustafa Yakub memimpin doa atas pemberian hewan dari kedua pemimpin negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya