SOLOPOS.COM - ilustrasi hewan kurban (JIBI/Solopos/Dok.)

Iduladha 2015 di Jakarta dilarang untuk menyembelih hewan kurban di sembarang tempat.

Solopos.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok), melarang menyembelih hewan kurban sembarangan saat Iduladha 2015 mendatang. Ia meminta hewan dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

”Makanya kami dorong pemotongannya mesti di RPH (rumah pemotongan hewan) karena darahnya enggak boleh sembarang dicurahkan ke tanah. Itu yang kita minta,” ujar Ahok di kantor Dinas Pelayanan Pajak Daerah (Dispenda) DKI, Jl Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2015), seperti dilansir Detik.com.

Aturan Ahok yang melarang hewan kurban di potong di sembarang tempat sempat menuai reaksi keras dari berbagai pihak. Tapi, ia menilai orang-orang sengaja memutar balikkan informasi sehingga seolah-olah dirinya anti Islam.

“Tapi kan orang plesetin karena saya kebetulan non muslim gampang, seolah-olah Ahok anti Islam, enggak kasih jual kurban, enggak kasih izin motong hewan kurban. Saya saja nyumbang hewan kurban kok,” sambungnya.

Menurut Ahok, pemotongan hewan yang dilakukan di atas trotoar atau badan jalan bisa saja memancing bakteri sumber penyakit. Fakta inilah yang menurut Ahok belum banyak dipahami oleh warga.

“Contoh, kita enggak ngerti kenapa anak kecil habis main di tanah kok tiba-tiba pulang kena penyakit terus meninggal. Sekarang kita teliti, baru ngerti itu, karena kena darah hewan. Dia punya spora itu, baru bisa mati sekian bulan, jadi orang meninggal,” kata dia.

Kebijakan yang diambil ini, diminta jangan juga dikaitkan-kaitkan dengan tidak menghargai tradisi pemotongan hewan kurban. Ahok mengambil contoh Kota Mekah. Pemotongan hewan kurban tidak dilakukan di badan jalan atau ruang terbuka.

“Lalu orang menghubungkan, ini kan sudah tradisi di Islam. Saya bukan anti Islamnya. Saya mau tanya di Arab Saudi, tempat Nabi Muhammad lahir, itu potong hewannya masih sembarangan enggak? Kasih tahu saya di negara Islam Arab Saudi yang Makah, ada enggak pemotongan hewan sembarangan di pinggir jalan dan darahnya dicurahkan ke tanah? Enggak ada!” lanjut Ahok.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya