SOLOPOS.COM - Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, BANYUMAS — Pemerintah yakin persediaan hewan ternak memenuhi kebutuhan hewan kurban menjelang Iduladha 2014 mendatang. Keyakinan itu dikemukakan Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan saat berada di Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (20/9/2014).

“Inikan merupakan suatu siklus tahunan, karena peternak sudah mengantisipasi, pasti permintaanya akan tinggi menjelang Hari Raya Iduladha,” katanya kepada wartawan di sela acara puncak Bulan Bakti Peternakan Tahun 2014 yang dipusatkan di Rearing Farm Manggala, Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Baturraden di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Karena merupakan siklus tahunan, dia mengaku optimistis, kemungkinan terjadinya kekurangan hewan kurban tidak mungkin terjadi. “Kalau harganya naik, ya memang permintaan sapi tinggi sekarang ini dan sapinya juga pilihan karena untuk kurban tidak bisa sembarang sapi untuk sekadar daging,” katanya.

Dalam hal ini, kata dia, sapi tersebut harus memenuhi syarat-syarat hewan kurban. Dengan demikian, lanjut dia, tidak ada masalah terkait ketersediaan hewan kurban menjelang Iduladha. “Kenapa tidak ada masalah, karena baik peternak kecil maupun besar sudah mengantisipasi. Jadi kalau sapi kurang sebelum hari raya, itu karena mereka [peternak] menahan sapi,” katanya.

Naik hingga 15%

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Syukur Iwantoro memperkirakan kebutuhan hewan kurban naik sekitar 10%-15% daripada Iduladha 2013. Menurut dia, kenaikan tersebut disebabkan meningkatnya pendapatan masyarakat. “Tetapi stok dalam negeri cukup,” katanya.

Ia mengatakan kebutuhan hewan kurban tidak bisa dipenuhi melalui impor karena sapi-sapi impor biasanya cacat seperti telinganya sobek sehingga tidak boleh untuk berkurban.

Oleh karena itu, kata dia, kebutuhan hewan kurban dari tahun ke tahun selalu dipasok dari dalam negeri dan tidak pernah kekurangan.

Terkait dengan permintaan hewan kurban pada 2013, dia mencontohkan wilayah Jabodetabek paling banyak kebutuhannya, yakni sapi sebanyak 28.259 ekor, kerbau 737 ekor, kambing 78.970 ekor, dan domba 28.861 ekor. Berdasarkan laporan dari 15 provinsi termasuk DKI Jakarta, kata dia, permintaan hewan kurban pada 2013 mencapai 149.335 ekor sapi, 3.496 ekor kerbau, 180.291 ekor kambing, dan 61.321 ekor domba.

“Tahun kemarin, dengan jumlah yang dipotong seperti itu, kita masih kelebihan,” katanya.

Syukur mengatakan berdasarkan data hingga Desember 2013, jumlah populasi sapi potong di Indonesia sekitar 14 juta ekor. “Kalau kita jumlahkan sapi potong, sapi perah, dan kerbau ada sekitar 16 juta ekor,” katanya.

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

PKS Berharap Prabowo Ajak Gabung Koalisi Besar

PKS Berharap Prabowo Ajak Gabung Koalisi Besar
author
Newswire , 
Rohmah Ermawati Sabtu, 27 April 2024 - 21:16 WIB
share
SOLOPOS.COM - Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Alhabsyi (tengah) dengan didampingi oleh Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menyapa wartawan di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Jumat (16/9/2023). (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)

Solopos.com, JAKARTA–Seolah tak mau “ditinggalkan” Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berharap didatangi Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk diajak bergabung ke koalisi pemerintahan mendatang.

“Permasalahannya adalah kita ingin kebersamaan setelah NasDem dan PKB didatangi, mungkin juga PKS pasti akan didatangi, kita berharap gitu toh,” kata Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi saat ditemui di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024).

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Menurutnya, internal partai akan memutuskan sikap PKS berada di dalam atau luar lingkaran pemerintah. Selain keputusan internal, PKS juga berharap rencana itu disambut baik pemilik koalisi besar, yakni Prabowo.

“Ya kita dialoglah, masa main masuk aja, kayak diterima aja,” kata Aboe seperti dilansir Antara. Meski demikian, dia meyakini keinginan PKS ini akan disambut baik Prabowo karena hubungan Ketua Umum Partai Gerindra itu dengan jajaran pengurus PKS terjalin baik.

Koran Solopos

Kedua belah pihak, lanjutnya, memang memiliki catatan hubungan baik karena PKS selalu menjadi pendukung setia Prabowo ketika bertarung pada Pilpres 2014 dan 2019.

Lebih lanjut, mengenai tidak adanya perwakilan Partai Gerindra yang datang pada acara halalbihalal sekaligus Milad PKS ke-22 pada Sabtu, Aboe memastikan hal tersebut bukan pertanda hubungan Prabowo dan PKS retak.

Bahkan, dia memastikan dalam waktu dekat akan mengatur pertemuan silaturahmi antara PKS dengan Prabowo.

Emagazine Solopos

Sebelumnya, dua partai politik di Koalisi Perubahan pendukung pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yakni PKB dan NasDem, sudah menyatakan sikap untuk mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran.

Pernyataan sikap itu disampaikan dalam pertemuan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan Prabowo Subianto di kantor DPP PKB, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).

Keesokan harinya, Kamis (25/4/2024), giliran Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang bertemu dengan Prabowo di Kartanegara VI Jakarta Selatan untuk menyatakan kerja sama dengan koalisi pemerintah.

Interaktif Solopos

Pernyataan kedua parpol itu tersebut membuat PKS menjadi satu-satunya partai pendukung Anies-Muhaimin yang saat ini masih berada di ambang pintu memasuki koalisi besar atau menjadi oposisi.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Sukuh World Dance Day 2024 Digelar Sampai Besok, Ini Daftar Acaranya 

Sukuh World Dance Day 2024 Digelar Sampai Besok, Ini Daftar Acaranya 
author
Astrid Prihatini WD Sabtu, 27 April 2024 - 21:15 WIB
share
SOLOPOS.COM - Peserta mengikuti workshop rangkaian Sukuh World Dance Day 2024 di Pendapa Bata Candi Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar pada Sabtu (27/4/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR-Eksotisme Candi Sukuh di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, bukan hanya sebatas situs yang dijaga dan dikunjungi. Namun bagaimana menjadikan Candi Sukuh mampu menumbuhkan ekosistem kebudayaan yang hidup sekaligus sumber inspirasi yang tak pernah kering.

Berangkat dari keinginan inilah, Sukuh World Dance Day 2024 yang digelar selama dua hari, pada Sabtu hingga Minggu (27-28/4/2024). Puluhan seniman dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Acara ini diinisiasi oleh Studio Plesungan bekerja sama Indonesia Heritage Agency (IHA) didukung Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud dan Ristek). Di hari pertama gelaran Sukuh World Dance Day 2024, dibuka dengan workshop Awakening InterArts Gerak Relief Yang Terejawantah oleh Diana Butler dan Workshop Laras Loka Lampah oleh Wasi Bantolo di Pendapa Bata Candi Sukuh. Kegiatan hari itu ditutup dengan Solah Bowo.

Panitia Sukuh World Dance Day 2024, Razan Wiryo Sanjoyo, mengatakan workshop mengambil inspirasi dari Sudamala sebagai salah satu bagian dari relief dan narasi yang hidup di Candi Sukuh, Sukuh World Dance Day 2024 menafsir tema ruwatan melalui praktik tari dan gerak yang memiliki metode khusus dan berfungsi pada pencarian keseimbangan jiwa atau proses penyembuhan.

Koran Solopos

Berawal dari gagasan meruwat, praktik gerak dan tari yang bertujuan untuk mencapai ketenangan batin dan kesehatan jiwa maupun raga, masyarakat akan lebih familiar dengan kemungkinan meruwat diri melalui tari. “Workshop ini menjadi salah satu sarana edukatif yang terbuka kepada publik, dengan membagikan materi praktik-praktik yang mengembalikan tubuh pada kondisi esensialnya melalui gerak dan laku,” kata dia di jumpai di Pendapa Bata Candi Sukuh pada Sabtu.

Dia mengatakan rangkaian kegiatan kemudian ditutup dengan peserta diajak untuk melakukan solah bowo bergerak bersama di dalam area Candi Sukuh.

Puncak acara Sukuh World Dance Day 2024 akan digelar pada Minggu (28/4/2024). Dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, acara dibuka dengan pertunjukan reog Singo Gilang Gumelar dari Tahura hingga parkiran tengah. Lalu penampilan Tari Merak dari Sanggar Seni Studio Plesungan di pelataran bawah Candi Sukuh.

Emagazine Solopos

“Ada penampilan dari seniman individual dan kelompok. Nanti ada penampilan dari Sanggar Puri Kencana Sejati, Sanggar Tari Sekar Kencana Tawangmangu, Sanggar Tari Kembang Setaman,  Sanggar Tari Prabata Lawu. Ada juga Mila Arts Dance, Mas Mugiyono Kasido, Mbak Ayu Wardhani dan masih banyak lagi,” kata dia.

Sebagai pamungkas, dia menambahkan digelar pertunjukan wayang orang dengan lakon Sudamala. Program ini sendiri menafsir kembali merepresentasikan narasi Sudamala sebagai cerita yang membawa ide-ide ruwatan atau pembersihan. Melalui berbagai kegiatan ini, dia mengatakan, Candi Sukuh menjadi satu ruang hidup dari yang selama ini hanya dinilai sebagai kawasan objek wisata yang dikunjungi atau situs. Dia mengajak masyarakat semuanya bisa berbondong-bondong datang untuk melihat pertunjukan tari dari para seniman di berbagai daerah dan luar negeri.

“Candi Sukuh tidak sekadar menjadi panggung dan penghias latar untuk pementasan seni pertunjukan. Tumpukan batu tua itu menjadi sumber inspirasi yang tidak pernah kering,” katanya.

Interaktif Solopos

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar Hari Purnomo mengatakan akan menggratiskan tiket masuk ke kawasan Candi Sukuh untuk wisatawan domestik khusus pada Minggu (28/4/2024).

Kebijakan tersebut diambil dalam rangka mendukung program dari kementerian yakni Sukuh World Dance Day 2024 yang digelar mulai hari ini, Sabtu hingga Minggu (27-28/4/2024). “Wisatawan domestik biasanya dikenakan tiket masuk Rp15.000 per orang, besok kita gratiskan saat Sukuh World Dance Day,” katanya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Kalian Juga Bisa, Simak Tips Investasi untuk Anak Muda

Kalian Juga Bisa, Simak Tips Investasi untuk Anak Muda
author
Anik Sulistyawati Sabtu, 27 April 2024 - 21:14 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi (freepik)

Solopos.com, SOLO – Bukan hanya dominasi mereka yang sudah mapan secara finansial, investasi kini tampaknya sudah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda.

Dikutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id pada Senin (22/04/2024), investasi merupakan upaya membelanjakan sejumlah uang atau dana pada sesuatu hal yang ditujukan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan berupa properti, surat berharga, logam mulia, atau bentuk lainnya.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Secara sederhana investasi diartikan sebagai penanaman modal. Tujuannya tentu untuk memperoleh keuntungan berkali lipat dari modal awal.

Kendati demikian, tak dimungkiri banyak anak muda yang masih takut berinvestasi karena khawatir akan kehilangan uang, modal besar, dan terlalu rumit. Padahal banyak tips investasi yang mudah dan menguntungkan.

Koran Solopos

Berikut 5 tips memulai investasi bagi anak muda dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tentukan tujuan investasi

Kamu dapat menentukan tujuan investasimu dengan jelas. Tujuan yang jelas membatu menentukan strategi investasi yang sesuai. Setiap tujuan investasi memerlukan strategi yang berbeda dalam hal alokasi aset, jangka waktu investasi, dan tingkat risiko yang diterima. Sebagai contoh jika tujuan investasi kamu untuk melindungi aset dari inflasi, kamu dapat memilih instrument investasi yang nilainya relatif stabil, seperti emas.

2. Memulai dengan riset

Setelah menetapkan tujuan investasi, selanjutnya kamu dapat melakukan riset tentang instrument yang ada. Pahami risiko dan potensi keuntungan masing-masing instrument. Kamu dapat memperoleh informasi dari buku, artikel, webinar, atau sumber lainnya.

Emagazine Solopos

3. Memulai dengan modal kecil

Sebagai pemula, kamu dapat memulai dengan modal kecil untuk meminimalisir kerugian yang tak terduga. Bahkan mulai dari nominal Rp10.000 saja, kamu sudah dapat berinvestasi sesuai platform yang kamu pilih.

4. Melakukan investasi di berbagai instrumen

Jika kamu membagi investasi ke dalam berbagai instrument, maka dapat mengurangi risiko kerugian jika salah satu instrument mengalami penurunan nilai. Sebagi contoh, kamu dapat mengalokasikan investasi ke deposito dan emas.

5. Tetap memantau perkembangan investasi

Setelah berinvestasi, kamu perlu memantau terus perkembangan investasi secara teratur untuk memastikan investasimu sesuai dengan tujuan awal.

Interaktif Solopos

Jika kamu mengikuti tips investasi tersebut, kamu akan menikmati kemudahan berinvestasi yang aman dan menguntungkan.

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories