SOLOPOS.COM - Staf medis merawat pasien yang terjangkit virus Corona, di Central Hospital di Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020) menurut foto yang diunggah di media sosial. (Antara/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA -- Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Daeng Mohammad Faqih mengatakan virus Corona baru (2019-nCoV) yang muncul kali pertama di Wuhan, China, bisa menular antarmanusia. Penularan bisa melalui batuk, bersin, hingga makanan tercemar air liur orang yang terinfeksi.

"Dari cairan dari air liur, kemudian kalau kena batuk di makanannya kemudian termakan juga itu bisa menular," kata Daeng, Jakarta, Minggu (27/1/2020).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Daeng menuturkan selain penularan dari hewan ke manusia, virus Corona jenis baru itu dapat menular lewat kontak dekat dengan pasien atau orang yang terjangkit virus itu.

Penularan dengan kontak langsung dengan penderita bisa terjadi lewat pernapasan, percikan ludah, bahkan terkena nafas atau batuk dari orang yang positif terjangkit virus corona itu. Selain itu penularan jika bisa diterjadi dengan menyentuh langsung ke makanan yang dimakan orang terinfeksi.

Penyidik Kasus Suap Kader PDIP Harun Masiku Dirotasi? Ini Pengakuan KPK

Untuk menghindari kontak dekat, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke tempat terjadinya penyakit itu. "Salah satu untuk mencegah terinfeksi virus itu yakni jangan melakukan kontak dengan penderita," tutur Daeng.

Penularan virus Corona dari hewan ke manusia itu diduga berawal dari makanan berupa hewan yang membawa virus itu. Dalam kasus di Wuhan, China, awalnya yang sakit adalah mereka yang diduga telah memakan sup ular.

"Masyarakat jangan melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang ada penyakit itu biar tidak tertular," tuturnya.

Upaya pencegahan lain yakni menggunakan masker, namun masyarakat Indonesia tidak perlu terlalu panik karena hingga saat ini tidak ditemukan kasus pasien positif terinveksi virus corona itu di Tanah Air. Daeng juga menekankan pola hidup bersih seperti mencuci tangan sebelum makan.

Istana Desak Anies Baswedan Setop Revitalisasi Monas

"Karena penularan virus ini bisa ke jaringan mukosa di badan, maka jangan gampang mengucek mata, hidung pakai tangan, dan kalau bisa tangannya selalu bersih, misalnya mau kucek mata dan hidung, mau makan, maka tangan sebaiknya dibersihkan dulu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya