SOLOPOS.COM - KGPAA Mangkunagoro X berfoto bersama sejumlah pimpinan vokasi UI seusai mengisi bussiness talk di ajang konferensi internasional bertajuk The 6th International Conference on Vocational Education Applied Science and Technology (ICVEAST) 2023 di Alila Solo, Selasa (25/7/2023). (Istimewa/Vokasi UI)

Solopos.com, SOLO–Konferensi internasional yang digelar Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) bertajuk The 6th International Conference on Vocational Education Applied Science and Technology (ICVEAST) 2023 di Alila Solo, Selasa-Rabu (25-26/7/2023), diikuti sejumlah negara, yakni Indonesia, Australia, Inggris, Malaysia, Amerika, Belanda, Thailand, dan Afrika Selatan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Abdul Haris, mengatakan konferensi ini mengeksplorasi beragam topik, mulai dari memodernisasi kurikulum pendidikan vokasi hingga mendorong kewirausahaan dan mempromosikan keunggulan pelatihan vokasi.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Bersama-sama, kita akan mempelajari paradigma baru dari blended learning, work based training, dan peningkatan keterampilan untuk memanfaatkan potensi sebenarnya dari Vocational 5.0,” ujar Haris, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (1/8/2023).

Kegiatan bertema Virtuosity Collaboration for Sustainability Development and Innovative Technologies Goals 5.0 (Vocational 5.0) ini berbeda dengan gelaran sebelumnya.

Tahun ini, ICVEAST membuka kesempatan bagi akademisi dan mahasiswa untuk mengikuti konferensi internasional melalui artikel ilmiah dan poster ilmiah. Berbagai akademisi turut hadir menjadi keynote speaker dalam ajang tersebut, di antaranya Associate Professor Fuminari Kaneko dari Tokyo Metropolitan University (Jepang); Dr. Laurens Rook dari Delft University of Technology (Belanda); Adjunct Associate Professor Dr. Eunice R.S. dari University of New South Wales (Australia); Associate Professor Rose Amnah Abd. Rauf dari Universiti Malaya (Malaysia); dan Dr. Diaz Pranita,
M.M., dari Universitas Indonesia (Indonesia).

Konferensi internasional ini diawali dengan business talk yang dibuka Mangkunagoro X. Kegiatan ini menghadirkan beberapa praktisi, yaitu Direktur Utama Perum Produksi Film Negara (PFN) Dwi Heriyanto B; CEO dan Founder Bubu.com Shinta W. Dhanuwardoyo; Head of Ecosystem
PIDI 4.0 Kementerian Perindustrian Mareta Pratiwi; dan Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Padang Wicaksono.

Padang mengatakan ICVEAST bertujuan menjadi forum internasional guna membahas perkembangan dan tantangan terkini dalam pendidikan vokasi saat ini dan di masa depan dari berbagai perspektif, termasuk akademisi, mahasiswa, serta industri.

“Konferensi ini dirancang sebagai ruang untuk knowledge sharing dan mendiskusikan tantangan yang dihadapi pendidikan dan manufaktur dalam mempersiapkan kemampuan manusia untuk beralih ke tren otomatisasi serta peran teknologi di dalamnya. Penelitian terapan di bidang administrasi dan bisnis, kesehatan, sosial humaniora, dan teknik diharapkan dapat menjadi kunci bagi Indonesia dalam menghadapi berbagai gempuran menuju era 5.0,” kata Padang.

Chairman of ICVEAST 2023 Ngurah Rangga Wiwesa menyatakan bahwa konferensi internasional tersebut merupakan ajang bagi akademisi maupun mahasiswa untuk berpartisipasi dalam upaya kolaboratif mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan teknologi yang inovatif.

“Vocational 5.0 diharapkan dapat mendorong kolaborasi antar pemangku kepentingan, menciptakan platform untuk berbagi pengetahuan, dan mempromosikan penggunaan teknologi untuk mendorong kemajuan sosial, ekonomi, dan lingkungan,” kata Rangga.

Suksesnya penyelenggaraan The 6th ICVEAST tak lepas dari dukungan para Co-Host University, di antaranya Fakultas Ilmu Terapan Telkom University dan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro; Proceeding Publisher Atlantis Press; Media Partner SEA Today dan Solopos Media Group; serta
beberapa sponsor, yaitu Bank Tabungan Negara, dan PT Bintang Samudra Mandiri Lines.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya