SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran hutan. (JIBI/Solopos/Antara/Fikri Yusuf)

Deforestasi di Indonesia mengancam keberlangsungan hutan di Sumatra, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara.

Solopos.com, SOLO — Kondisi hutan di Indonesia semakin memprihatinkan. Bahkan hutan di Pulau Sumatra, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara terancam habis pada 2043 bila pemerintah tak mampu menurunkan laju deforestasi (penebangan hutan) yang sekarang masih sekitar 1,1 juta hektare per tahun

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

“Kalau angka deforestasi kita masih di atas satu juta hektar per tahun, saya kira sewaktu-waktu Sumatra, Jawa kemudian Kalimantan juga akan kolaps,” kata Ketua Forest Watch Indonesia Christian “Bob” Purba dalam diskusi tentang kerugian negara di sektor kehutanan yang digelar Koalisi Anti Mafia Hutan di Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Dalam presentasinya, sebagaimana diberitakan Antara, Bob menyatakan jika tingkat deforestasi di Indonesia masih sekitar 1,1 juta hektare per tahun maka hutan di Sumatra, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara akan habis sama sekali pada 2043.

“Kalau misalnya angka 1,1 juta hektare deforestasi hutan per tahun itu tetap bertahan artinya 15 tahun lagi Sumatera akan kolaps, dan yang paling parah dimulai dari Riau dan Jambi,” tuturnya.

Hal itu menurut Bob harus menjadi peringatan bagi pemerintah untuk melakukan perubahan mendasar dalam pengelolaan hutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya