SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan bersama Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud dari Arab Saudi (kanan) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Hujan deras dan angin kencang mewarnai momen kedatangan Raja Salman dan rombongannya di Istana Bogor siang ini.

Solopos.com, BOGOR — Hujan deras dan angin kencang menyambut kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017) siang. Pantauan Bisnis/JIBI, Raja Salman datang memasuki Istana Bogor pada pukul 13.57 WIB dan langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Setelah berjabat tangan dengan Presiden, kedatangan Raja Salman langsung disambut oleh tembakan salvo. Berikutnya, marching band mendengungkan lagu kebangsaan Republik Indonesia. Selanjutnya, upacara penyambutan dilanjutkan dengan satu per satu anggota Kabinet Kerja yang menghampiri Raja dan menyalaminya.

Anggota Kabinet Kerja yang hadir antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong.

Masih belum jelas apakah ada perubahan dari rangkaian agenda di Istana Bogor akibat hujan yang terus menderas dan diiringi oleh angin kencang.

Sebelumnya, Dalam acara kenegaraan yang diselenggarakan di Istana Bogor, Raja Salman dan delegasi akan melakukan serangkaian agenda kenegaraan. Sekretariat Presiden mencatat, sedikitnya ada 9 agenda yang akan dilakoni oleh delegasi negera petro dollar tersebut.

Pada 14.15 WIB, Raja Salman sampai dan diiringi oleh kuda pawai memasuki halaman Istana Bogor. Akan ada upacara penerimaan di gedung induk Istana yang akan dilanjutkan dengan penandatangan buku tamu. Saat ini, Raja Salman dan rombongan telah berada di dalam Istana Bogor bersama Presiden Jokowi dan anggota Kabinet Kerja.

Rencananya, setelah prosesi upacara penerimaan dan penyambutan usai, Presiden dan Raja Salman akan mengendarai mobil golf mengelilingi halaman tengah Istana Bogor. Acara itu akan berakhir di salah satu sisi istana untuk acara penanaman pohon dan sesi foto.

Dalam agenda penanaman pohon, dijadwalkan Raja Salman akan menanam pohon kayu besi yang disaksikan oleh Presiden serta para pangeran Arab Saudi. Setelah itu, masing-masing para pangeran akan menanam pohon kenari.

Seusai menanam pohon, acara dilanjutkan dengan pertemuan empat mata atau tete-a-tete. Selanjutnya, Presiden dan Raja Salman akan berjalan menuju balkon belakang Istana Bogor untuk melakukan pembicaraan santai alias veranda talk. Setelah pertemuan ini, kedua pucuk pimpinan akan melakukan acara makan siang.

Selanjutnya, pertemuan bilateral akan dilakukan oleh Presiden dan Raja didampingi oleh anggota kabinet masing-masing yang dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di level menteri. Acara akan diakhiri dengan penganugerahan Bintang Kehormatan RI kepada Raja Salman.

Pada 16.45 WIB, Raja Salman dan delegasi akan meninggalkan Istana Bogor dan sesaat sesudahnya, menteri luar negeri kedua negara akan memberikan pernyataan dan konferensi pers bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya