SOLOPOS.COM - Internet

Cilacap— Terhitung sejak Januari 2010 sampai awal Maret ini ada 1.800 orang warga Cilacap yang terserang chikungunya, penyakit yang ditularkan nyamuk aedes aegypti tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Bambang Setiyono, Kamis (4/3) menjelaskan, jumlah penderita sebanyak 1.800 orang tersebut meningkat 80 persen dibanding bulan Februari yang hanya 1.100 orang.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

“Banyaknya jumlah penderita chikungunya ini dikarena curah hujan yang tinggi dan minimnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan,” kata Bambang.

Penularan penyakit yang gejalanya mirip demam berdarah ini paling banyak terjadi di Kecamatan Karangpucung yaitu sebanyak 800 orang, disusul Kecamatan Jeruklegi, Gandrungmangu, dan Sidareja.

Bambang mengingatkan, penularan penyakit chikungunya masih akan terus berlangsung seiring masih turunnya hujan pada bulan Maret hingga April. Karena itu, warga diminta  untuk waspada dan menjaga lingkungannya, serta melaksanakan pemberatasan sarang nyamuk.

kompas/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya