SOLOPOS.COM - Hillary Clinton (telegraph.co.uk)

Hillary Clinton (telegraph.co.uk)

BRISBANE – Menteri luar negeri Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton, menyerukan persatuan kepada negara-negara Asia Tenggara dalam menghadapi China, dalam menghadapi perselisihan teritorial di Laut China Selatan.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Dalam kunjungannya di IndonesiaSenin (3/9/2012), Clinton akan menawarkan dukungan kuat AS terhadap rencana regional untuk meredakan ketegangan kawasan, termasuk pemberlakuan kode etik bagi semua pengklaim pulau-pulau yang disengketakan di kawasan Laut China Selatan. Jakarta merupakan markas Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

Menurut seorang pejabat senior AS yang menyertai kunjungannya, Clinton akan menekan ASEAN agar berkeras terhadap China dalam menyetujui mekanisme formal untuk mengurangi risiko konflik jangka pendek. “Dia ingin untuk memperkuat persatuan ASEAN ke depan,” kata pejabat yang tak bersedia disebut namanya itu kepada wartawan, seperti dilansir yahoonews.

Clinton akan mengunjungi China, Selasa (4/9), untuk melanjutkan pembicaraan tentang masalah Laut China Selatan dan sejumlah isu lainnya. Masalah krisis di Suriah serta cara-cara menghadapi program nuklir Iran dan Korea Utara termasuk dalam agenda pembicaraan selama Clinton berada di Beijing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya