SOLOPOS.COM - Nelayan memasukkan ikan ke dalam wadah berpendingin di TPI Popoh, Tulungagung, (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Kementerian Kelautan dan Perikanan tidak berbasis serapan untuk menghemat anggaran.

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menghemat anggaran negara sebesar Rp 1,5 triliun atau 15 persen dari pagu APBN Perubahan 2015 sebesar Rp10,5 triliun. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja dalam konferensi pers di Kantor KKP Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

“Jadi kalau kami sekarang dapat Rp10,5 triliun di tahun 2015 ini, kemudian kemarin dari hasil penyisiran kami, alhamdulillah KKP mampu melakukan penghematan sebesar Rp1,5 triliun. Dan itu sudah kami kembalikan kepada kas negara”, terangnya.

Lebih lanjut seperti dilansir Kkp.go.id, Sjarief mengatakan, meski meminimalisir penggunaan uang negara, namun KKP tetap mengerjakan target kinerja. Sjarief menilai, penggunaan uang negara yang efisien dengan target yang sama, akan menjadi lebih baik. Sehingga organisasi yang ada di dalamnya juga dapat lebih sehat.

“Ada hal-hal yang belum kita serap terkait dengan efisiensi tender dan sebagainya itu yang bisa bertambah lagi. Dengan target sama, tapi penggunaannya lebih efisien, lebih baik, sehingga organisasinya juga lebih sehat. Prinsipnya demikian”, terangnya.

Nantinya, sisa dana sebesar Rp1,5 triliun tersebut akan diminta kembali di 2016 sebagai carry over 2015. Anggaran itu akan digunakan untuk program yang diperuntukkan masyarakat langsung, seperti pembelian kapal, penambahan jaring apung dan alat tangkap.

Saat ini, KKP memegang prinsip, target kinerja tercapai dengan seminimal mungkin menggunakan uang negara. Dengan kata lain, kinerja KKP tidak diukur dari seberapa besar anggaran yang diserap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya