SOLOPOS.COM - Ilustrasi kokpit helikopter TNI AD (JIBI/Solopos/Antara/Agus Suparto)

Solopos.com, SAMARINDA — Sebuah helikopter Bell 412 TNI AD mengalami hilang kontak dalam perjalanan dari Tarakan ke Long Bawan Nunukan, Selasa (24/1/2014) sore. Heli dikabarkan membawa 10 penumpang, 7 di antara mereka prajurit TNI Raider 100 Medan dan 3 kru helikopter.

Helikopter membawa prajurit TNI yang bertugas di perbatasan Republik Indonesia dan Malaysia itu berangkat dari Tarakan pukul 13.11 Wita yang seharusnya tiba pukul 14.24 Wita. Sampai dengan pukul 16.00 Wita heli tidak mendarat di wilayah Krayan dan kembali ke Bandara Juwata Tarakan. Sampai dengan pukul 18.30 Wita heli belum juga tiba di Bandara Juwata Tarakan dan masih lost contact.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Seketaris Badan Perbatasan RI-Malaysia di Kabupaten Nunukan, Samuel S.T. Padan mengatakan dirinya mendengar kabar heli TNI AD hilang kontak dari rekan-rekannya di Krayan, Nunukan. “Pukul 17.00 saya dengar kabar ada heli TNI AD yang hilang. Tapi, saya tidak tahu lokasi hilangnya. Yang jelas hilang kontak. Diperkirakan lokasi hilang heli di daerah antara Kecamatan Krayan dengan Kecamatan Mentarang Malinau,” jelas Samuel kala diwawancarai melalui saluran telepon.

Dikatakan dia, daerah antara Krayan dan Mentarang kondisi topografinya sangat sulit karena berbukit dan tertutup hutan lebat. Namun, cuaca sore hari itu normal dan baik. “Informasi yang diterima helikopter yang hilang kontak mengangkut personil TNI yang tugas di perbatasan. Sejak hilang kontak itu, saya berusaha kontak radio SSB kepada warga salah satu desa berlokasi antara Long Bawan dan Mentarang, tapi tidak berhasil kontak kemungkinan karena mendung menjelang malam,” jelas Samuel.

Luas wilayah Krayan mencapai 1.800 m2 yang sebagian besar masuk Taman Nasional Krayan Mentarang. Lebih lanjut, Samuel mengatakan pencarian lokasi helikopter yang hilang tidak bisa dilakukan malam hari dan kemungkinan Rabu (25/1/2014) dilanjutkan.

Personel Raider 100 Penumpang Bell 412 TNI AD
– Sertu Eliani
– Kopda Rudianto
– Kopda said Galilhu
– Kopda Eri purnomo
– Praka Tri gunardi
– Pratu Feri kurniawan
– Prada Jacki

Kru Heli Bell 412 TNI AD
– Kapten. Cpn. Paul Maraden Simatupang
– Letda Cpn M Kholik
– Serka Kasniant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya