SOLOPOS.COM - Tangkapan layar unggahan seniman patung, I Nyoman Nuarta, pada akun Instagramnya tentang patung menyerupai sosok Presiden Jokowi mengendarai motor. Patung tersebut akan dipasang di area Sirkuit Mandalika. (Istimewa/Instagram @nyoman_nuarta)

Solopos.com, SOLO — Desain patung Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi sedang mengendarai motor menjadi perbincangan warga internet.

Beredar kabar, patung tersebut akan diletakkan di area Sirkuit Mandalika, Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Patung Presiden Jokowi mengendarai motor itu serupa saat Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika dengan mengendarai motor kustom warna hijau beberapa waktu lalu.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Bocoran patung menyerupai sosok Presiden Jokowi saat mengendarai motor itu diunggah seniman yang membuat patung tersebut, I Nyoman Nuarta. Pantauan Solopos.com pada akun Instagram I Nyoman Nuarta @nyoman_nuarta mulai mengunggah video pembuatan patung Presiden Jokowi melalui reel pada Jumat (21/1/2022).

Baca Juga : Resmikan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi Langsung Tancap Gas

“Terima kasih perhatian dan doanya semua. Sehat selalu,” tulis Nyoman Nuarta pada kolom komentar.

Pada hari yang sama, pematung Indonesia itu mengunggah foto yang diberi keterangan “mematung dengan api”. Ia juga memberikan komentar perihal patung tersebut.

Komentar Nyoman Nuarta itu sekaligus menjawab pertanyaan sejumlah netizen yang bertanya sosok menyerupai patung tersebut. “Lagi mematung wajah Bpk [Bapak] JKW [Jokowi],” ujarnya.

Baca Juga : Fix Ya? MotoGP di Sirkuit Mandalika Digelar 20 Maret 2022

Pada Minggu (23/1/2022), Nyoman Nuarta kembali mengunggah video beberapa orang sedang mengelas patung berbentuk roda sepeda motor. Nyoman Nuarta juga memperbarui informasi pembuatan patung Presiden Jokowi mengendarai motor pada Jumat (25/1/2022).

“Terima kasih untuk semua. Pekerjaan 4 bln [bulan] dikerjakan dlm [dalam] aktu 1 bulan. Semoga sesuai harapan,” tulisnya dalam kolom komentar.

Tenggat Waktu

Seniman yang membuat patung Garuda Wisnu Kencana itu akhirnya mengunggah video patung sepeda motor secara utuh sekitar satu pekan lalu. Dia juga menambahkan keterangan pada unggahan tersebut. “Mulai penyetelan komponen, harapan seminggu lagi sudah semua kita bisa rakit,” ungkapnya.

Baca Juga : Tinjau Sirkuit Mandalika, Jokowi: Moto GP Siap Digelar!

Nyoman rajin mengunggah perkembangan pembuatan patung Presiden Jokowi mengendarai motor. Berikutnya, sekitar lima hari lalu, Nyoman mengunggah salah seorang pekerjanya mengelas bagian kaki pengendara motor.

“Minggu depan seluruh komponen patung sudah bisa dipasang menuju finishing,” tuturnya.

Ia juga menuliskan keterangan dalam kolom komentar perihal pekerjaan membuat patung Jokowi mengendarai motor. “Kita baru kerja 17 hari semoga dlm [dalam] 1 minggu ini bisa selesai,” imbuhnya.

Baca Juga : NTB Pastikan Event MotoGP 2022 di Mandalika Lancar

Beberapa hari lalu, Nyoman kembali mengunggah sejumlah pekerjanya mengelas patung motor, bagian punggung pengendara, dan bagian-bagian lain dari patung. Unggahan berikutnya, Nyoman Nuarta menunjukkan gambaran utuh patung Jokowi mengendarai motor.

“Jadinya akan seperti ini,” tulisnya.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nyoman Nuarta (@nyoman_nuarta)

Nyoman juga memberikan bocoran dimana patung itu akan diletakkan. “Rencana patung ini akan diletakkan di pintu gerbang,” tulisnya dalam kolom komentar.



Baca Juga : Bongkar Harga Outfit Jokowi Balapan di Mandalika, Murah Meriah Gaes!

Unggahan Nyoman kali terakhir memperlihatkan seorang pekerja tengah mengelas sambungan paha pengendara motor dengan bagian kaki yang menyatu dengan motor. Ia juga menyampaikan dimana patung Jokowi mengendarai motor itu akan diletakkan.

“Untuk di Mandalika,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya