SOLOPOS.COM - Gambar yang memperlihatkan gambar karikatur Nabi Muhammad SAW yang diduga dibuat Joseph Suryadi (Suara.com)

Solopos.com, JAKARTA — Penyidik Polda Metro Jaya memeriksa Joseph Suryadi, pria yang diduga membuat karikatur yang menghina Nabi Muhammad terkait dengan ramainya pemberitaan tentang predator seks asal Bandung, Jawa Barat, Herry Wirawan.

Karikatur bikinan Joseph yang ramai beredar di grup-grup Whatsapp itu memperlihatkan seorang pria dewasa menuntun anak perempuan berkerudung menenteng boneka.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Selain gambar, pengirim memberi keterangan secara tidak pantas. Pria dalam gambar yang dikirim diibaratkan sebagai Nabi Muhammad sementara anak perempuan digambarkan sebagai istri Nabi, Aisyah.

“Masih diperiksa sekarang, masih diambil keterangan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dimintai konfirmasi Suara.com, Selasa (14/12/2021).

Meski demikian, Zulpan belum mengungkapkan lebih lanjut mengenai penyelidikan tersebut karena proses pemeriksaan masih berlangsung.

Dia mengatakan, pemeriksaan terhadap Joseph Suryadi dilakukan lantaran banyaknya pihak yang menanyakan soal perkara tersebut kepada kepolisian melalui media sosial.

Baca Juga: Kasus Asusila Ustaz Bandung, Kepala Kejati Jadi Penuntut Herry Wirawan 

“Pantauan siber Polda terkait yang sekarang banyak ditanyakan orang, kemudian Polda Metro Jaya ambil keterangan. Saya belum bisa ambil pernyataan dulu, tunggu hasil pemeriksaan selesai dulu,” ujarnya.

Zulpan mengungkapkan, menurut keterangan awal yang diterima Joseph Suryadi mengaku kehilangan ponselnya.

“Hilang, katanya begitu. Makanya nanti kalau sudah selesai diperiksa tim siber Polda Metro Jaya nanti baru bisa diambil keterangan ya, sekarang belum tuntas,” ujarnya.

Pemeriksaan Joseph Suryadi berawal dari ramainya tagar #TangkapJosephSuryadi di media sosial.

Tagar tersebut mengaitkan Joseph Suryadi dengan karikatur yang diduga berisi konten penistaan agama yang disebarkan melalui grup WhatsApp (WA).

Beredar sebuah tangkapan layar atau screenshoot yang dianggap menghina Nabi Muhammad SAW dan Aisyah R.A.

Hal ini terlihat dalam cuitan viral di Twitter yang diunggah oleh akun @storyNauna.

“Ayo @DivHumas_Polri berani #TangkapJosephSuryadi gak? Jangan sampai ummat Muslim murka lho ya !,” tulis akun tersebut.

Pada cuitan tersebut, ia mengunggah tangkapan layar chat group di mana menampilkan chat dari Joseph Suryadi.

Secara umum Joseph Suryadi dianggap telah menyamakan Nabi Muhammad dengan predator seks bernama Herry Wirawan.

Baca Juga: Perilaku Herry Wirawan Terungkap Berkat Kecurigaan Santri Baru 

Hal tersebut sontak membuat publik geram dan bernodong-bondong memention akun resmi @DivHumasPolri untuk segera menangkap Joseph.

“Nabinya Pak Presiden dan Wakil Presiden kita dihina hina orang ini, ayo paspampres tangkap segera manusia sialan ini,” komentar warganet.

“Ini sudah sangat kelewatan. Tolong @DivHumasPolri @mohmahfudmd ada potensi merusak kebhinekaan. Tindak!,” imbuh warganet lain.

“Berharap ada orang-orang baik yang berani hukum dia. Benalu yang ada disekitar kita harus dibersihkan agar tercipta kedamaian di antar kita yang berbeda agama,” timpal lainnya.

“Sore min @DivHumas_Polri Bantu tangkap penghina agama ini dong,” tulis warganet.

“Kasus seperti ini harus segera di tindak cepat oleh @DivHumas_Polri Kalau tidak bahaya bisa kena amukan oleh warga. Ini pelajaran keras untuk warga lainnya, tolong jaga toleransi beragama,” tambah warganet lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya