SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Modus penipuan baru melalui sms kembali muncul.  Anda harus hati-hati jika tiba-tiba mendapat SMS yang berisi permintaan pulsa dari orang yang mengatasnamakan mama atau ibu Anda.

Beberapa hari ini marak beredar modus penipuan yang memanfaatkan fasilitas pesan pendek (SMS) melalui telepon seluler. Isi pesan SMS tersebut adalah permintaan dikirimi pulsa senilai Rp20.000 ke nomor pengirim yang tidak mencantumkan nama.
Untuk meyakinkan calon korbannya. SMS yang dikirim oleh seseorang dengan nomor +6287842890475 itu menuliskan bujuk rayu sebagai berikut:

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Tolong belikan dulu Mama Pulsa Rp 20.ribu di nomor baru Mama. Ini nomornya, 081284104522 secepatnya ya.. Penting. Nanti Mama ganti uangnya. Sekarang Mama Tunggu ya.”

Valen, seorang wartawan sebuah radio, mengaku telah tertipu dengan SMS sejenis. Dia telah tertipu mengirimkan pulsa dengan nominal yang lebih besar, Rp 50.000. Valen tertipu karena berpikir SMS itu dikirim oleh ibunya.

Saat dimintai komentar terhadap modus penipuan SMS ini, Kabid Humas Polda Metrojaya Kombes Boy Rafli Amar mengatakan bahwa modus SMS seperti itu menunjukkan bahwa pelaku penipuan semakin kreatif.

“Penjahat kan kreatif. Semua cara digunakan untuk menipu kita,” ujar Boy seperti dilansir inilah.com, Jumat (20/8).

“Makanya jangan mudah percaya. Pikir dulu sebelum kirim,” lanjut Boy berpesan.

rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya