SOLOPOS.COM - Bakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menyampaikan paparannya saat menjadi pembicara dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Jakarta, Rabu (8/11/2023). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan menyambut gembira hasil sejumlah lembaga survei di mana elektabilitas pasangan Anies-Cak Imin terus naik.

Anies menilai semakin banyak masyarakat yang sadar perlunya perubahan.

Promosi Jangkau Level Grassroot, Pembiayaan Makro & Ultra Mikro BRI Capai Rp622,6 T

Dia berpendapat, temuan itu menunjukkan bahwa kehidupan berkeluarga juga semakin susah.

“Survei-survei itu, kami meyakini makin hari makin banyak masyarakat yang menyadari bahwa kita ini memerlukan perubahan,” ujar Anies di Rumah Pemenangan Anies-Cak Imin, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).

Dia meminta masyarakat melihat bagaimana kondisi perekonomian rumah tangga mereka.

Apabila kondisinya berat, lanjutnya, apakah ingin berlanjut.

“Kalau tidak mau diteruskan, maka kita perlu perubahan,” kata Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menekankan sejak awal pihaknya telah mengusung tema perubahan.

Menurutnya, visi tersebut kerap mendapatkan banyak kritikan.

Namun Anies meyakini kondisi di masyarakat semakin menunjukkan perlunya perubahan, mulai dari masalah kebutuhan pokok, biaya pendidikan hingga biaya kesehatan.

“Mungkin kita tidak bisa menyelesaikan semua masalah dalam waktu 5 tahun. Tapi satu hal yang kami janjikan, kami menjanjikan perubahan. Kami akan melakukan perubahan dan itulah kita yang akan terus menerus kita ikhtiarkan,” jelasnya.

Dia mengaku sudah terbiasa dengan hasil survei yang tidak terlalu bagus.

Anies mencontohkan Pilkada DKI Jakarta 2017 yang mana dirinya kerap berada di urutan ketika elektabilitas calon gubernur.

Untuk itu, ke depannya Anies dan cawapresnya Muhaimin Iskandar akan terus berusaha menyadarkan masyarakat perlunya perubahan.

“Bagi saya, yang penting sensus tanggal 14 Februari [hari pencoblosan Pilpres 2024]. Itu yang paling penting,” ungkapnya.

Sekadar informasi, hasil survei terbaru Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan elektabilitas Anies melejit menyalip Ganjar Pranowo di urutan kedua.

Sementara Prabowo Subianto berada di puncak. Awalnya dilakukan simulasi tiga capres.

Hasilnya, Prabowo (37,5%) menjadi pilihan utama. Anies (32,7%) mengikuti di peringkat kedua, lalu Ganjar (28,3%) di peringkat ketiga.

Sementara ada 1,5% responden yang belum memilih.

Sementara dalam simulasi tiga pasangan capres-cawapres, hasilnya tidak jauh berbeda.

Pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming menjadi yang pertama (36,2%). Anies-Muhaimin Iskandar (34,1%) mengikuti diperingkat kedua dan Ganjar-Mahfud MD (27,1%) di peringkat ketiga.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Survei Elektabilitas Terus Naik, Anies: Masyarakat Perlu Perubahan, Bukan Diteruskan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya