SOLOPOS.COM - Warga menunjukan jari yang sudah dicelup tinta usai mengikuti pemungutan suara ulang Pemilu 2024 di TPS 32, Karang Lor, Makamhaji, Sukoharjo, Minggu (18/2/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO — Mayoritas penerima bantuan sosial atau bansos ternyata merupakan pemilih pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

Hal itu menjadi temuan dalam dua survei untuk menjaring persepsi publik mengenai penyelenggaraan Pemilu atau Pilpres 2024. Survei yang diselenggarakan oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa bansos dari Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin telah menjadi kunci kemenangan Prabowo-Gibran atas suara rakyat di Pemilu 2024.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan sebanyak 59,7% responden mengaku pernah menerima bansos dari Pemerintah kemudian memilih Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024.

Kemudian, sekitar 23% responden juga pernah menerima bansos pemerintah dan memilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Lalu sisanya 17,3% memilih Ganjar Pranowo dan Mahfud Md,” tuturnya di Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Selanjutnya, kata Burhanuddin, sebanyak 60% responden yang sampai saat ini masih menerima bansos dari pemerintah menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo-Gibran.

Kemudian, sekitar 22,5% responden penerima bansos sampai saat ini memilih pasangan Anies-Muhaimin dan 17,6% penerima bansos memilih Ganjar-Mahfud Md.

“Pernah menerima atau masih menerima bansos, dukungan terhadap Prabowo dan Gibran masih jadi mayoritas,” katanya.

Survei Indikator Politik Indonesia tersebut dilakukan terhadap 2.975 responden dari 3.000 tempat pemungutan suara atau TPS. Survei yang dilakukan pada 14 Februari 2024 di seluruh Indonesia itu pun memiliki margin of error (MOE) sekitar 1,8%.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Mayoritas Penerima Bansos Pilih Prabowo-Gibran di Pemilu 2024”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya