SOLOPOS.COM - Kiri ke kanan: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan. (kolase foto Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Tiga pasangan calon (paslon) untuk calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dipastikan akan melaju di pemilihan umum (Pemilu) 2024. 

Paslon yang akan maju tersebut antara lain, Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD dan Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).  Berdasarkan hasil survei, Prabowo-Gibran bersaing ketat dengan Ganjar-Mahfud MD dengan elektabilitas yang terpaut berbeda tipis.  

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Dilansir Bisnis.com, berikut hasil survei elektabilitas tiga paslon capres dan cawapres yang dirilis oleh berbagai lembaga dalam beberapa pekan terakhir. 

Indikator Politik Indonesia.

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan 16-20 Oktober 2023, pasangan Prabowo-Gibran berada di posisi teratas. 

Hasil survei lembaga tersebut menyatakan paslon Prabowo-Gibran memiliki elektabilitas sebesar 36,1 persen. 

Lalu, disusul oleh paslon Ganjar-Mahfud MD dengan 33,7 persen, dan Anies-Muhaimin di posisi ketiga dengan mendapatkan 23,7 persen. 

Adapun jumlah responden dalam survei tersebut sebanyak 2.567 orang, dengan metode survei dengan tatap muka.  

Lembaga Survei Indonesia (LSI)

Berdasarkan hasil survei LSI yang dilakukan pada 16-18 Oktober 2023, Prabowo unggul dibanding dua nama capres lainnya.  

Hasil survei lembaga tersebut menyatakan dukungan untuk Prabowo unggul dengan 35,8 persen, disusul Ganjar dengan 30,9 persen, kemudian Anies dengan 19,3 persen. 

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan di kanal YouTube Lembaga Survei Indonesia, bahwa dukungan untuk Prabowo akan meningkat saat Gibran maju sebagai cawapresnya, yaitu dari 35,8 persen menjadi 39,2 persen. 

Sementara itu, Ganjar mengalami penurunan sekitar 5 persen, dan Anies akan cenderung stabil.  

Ipsos Public Affair

Berdasarkan hasil survei lembaga asal Prancis, Ipsos Public Affair menyatakan paslon Ganjar-Mahfud MD lebih unggul dari paslon lainnya.  

Meski begitu, hasil survei dari lembaga tersebut untuk ketiga paslon tetap bersaing ketat dan hanya terpaut tipis satu sama lain. 

Adapun elektabilitas paslon Ganjar-Mahfud terpaut sangat tipis dibandingkan dengan paslon Prabowo-Gibran. 

Paslon Ganjar-Mahfud di posisi teratas dengan 31,98 persen, lalu disusul Prabowo-Gibran di posisi kedua dengan 31,32 persen.  

Sementara itu, untuk paslon Anies-Cak Imin berada di posisi ketiga dengan memperoleh angka 28,91 persen. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Hasil Survei 3 Lembaga: Elektabilitas Prabowo, Ganjar, Anies Terpaut Tipis”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya