SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat berjemaah. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar sidang isbat penentuan awal Dzulhijjah 1445 H/2024 M, Jumat (7/6/2024) petang. Hasilnya 1 Dzulhijjah jatuh pada Sabtu (8/6/2024) dan Iduladha jatuh pada Senin (17/6/2024).

“Hilal terlihat di beberapa titik. Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia disepakati bahwa 1 Dzulhijjah 1445 H jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. Dan Insyaallah Hari Raya Iduladha jatuh pada Senin 17 Juni 2024,” ujar Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki dalam konferensi pers di Auditorium Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta yang turut disiarkan secara daring, Jumat (7/6/2024).

Promosi Fantastis! Setoran BRI untuk Kas Negara Tembus Rp192,06 Triliun

Sidang isbat penentuan 1 Dzulhijjah 1445 H dihadiri oleh oleh sejumlah Duta Besar Negara-negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), hingga Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sidang isbat juga dihadiri oleh Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam serta Pondok Pesantren.

Sebelumnya, Tim Hisab Rukyat Kemenag RI telah memaparkan hasil hisab posisi hilal Dzulhijjah 1445 H. Posisi hilal sudah jauh di atas kriteria MABIMS.

Kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) menetapkan tinggi hilal minimal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya