SOLOPOS.COM - Logo Partai Golkar (Istimewa)

Solopos.com, MEDAN — Partai Golongan Karya (Golkar) menjadi jawara dalam Pemilu 2024 di wilayah Provinsi Sumatra Utara. Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 tingkat KPU Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Golkar meraih 8 kursi DPR RI dan 22 kursi DPRD Provinsi.

Berdasarkan data yang dilansir dari Antara, Sabtu (16/3/2024), KPU Sumut telah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi dari seluruh 33 kabupaten/kota se-wilayah Sumut. Dari hasil rekapitulasi itu, Partai Golkar meraih delapan kursi DPR RI dengan memperoleh sebanyak 1.712.074 suara dan sebanyak 22 kursi untuk DPRD Provinsi Sumut.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Partai berlambang pohon beringin itu juga berhasil mengungguli PDIP yang hanya memperoleh 6 kursi DPR RI dengan perolehan 1.383.049 suara dan Partai Gerindra yang mampu meraih empat kursi dengan perolehan 915.612 suara.

Seperti tingkat DPR-RI, Partai Golkar juga berhasil mengungguli partai PDI-P di tingkat provinsi yang memperoleh 21 kursi, Gerindra 13 kursi dan Nasional Demokrat (Nasdem) 12 kursi.

Rapat pleno terbuka tingkat provinsi berlangsung selama 10 hari sebelumnya dijadwalkan pada 4 Maret hingga 10 Maret 2024. KPU Sumut sudah menyerahkan hasil rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum 2024 tingkat provinsi ke KPU RI untuk dilakukan rekapitulasi tingkat nasional.

“Rekapitulasi dilanjutkan pada tingkat nasional. Berkas sedang diserahkan, sudah sampai di Jakarta,” ujar Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Sumut, Robby Effendy.

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara meliputi rekap suara pemilihan calon presiden-wakil presiden, calon anggota DPR RI, calon anggota DPD RI, dan calon anggota DPRD provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya