SOLOPOS.COM - Ilustrasi penghitungan suara hasil pemilu (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Setelah menjadi rujukan utama bagi para pemantau penghitungan atau rekapitulasi suara Pilpres 2014 setelah pencoblosan 9 Juli 2014, situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), kpu.go.id, akhirnya tak bisa diakses. Hal ini bersamaan dengan selesainya rekapitulasi suara tingkat provinsi dan dimulainya penghitungan suara nasional, Minggu (20/7/2014).

Pantauan Solopos.com hingga Minggu pagi pukul 09.50 WIB, situs ini tidak bisa diakses. Meski demikian bagi yang ingin mengakses rekapitulasi suara versi lain, situs Kawalpemilu.org masih bisa dibuka.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Seperti diketahui, selama ini situs kpu.go.id menuai banyak pujian karena tidak pernah down meskipun diakses oleh jutaan orang setiap harinya. Ada kemungkinan saat ini situs down karena banyak orang yang mencoba mengaksesnya dan jumlah pengakses melebihi biasanya.

Meski demikian belum ada penjelasan resmi oleh KPU tentang hal ini. Sementara itu berdasarkan penghitungan data DB1 (penghitungan tingkat kabupaten) di situs kawalpemilu.org, pasangan Prabowo-Hatta mendapat 48,23% dan Jokowi-JK mendapatkan 51,76% suara.

Sedangkan berdasarkan data DC1 (penghitungan data tingkat provinsi) sementara, Prabowo-Hatta 52,47% dan Jokowi-JK 47,52%. Hal ini karena banyak data penghitungan tingkat provinsi yang belum masuk, khususnya dari provinsi-provinsi yang didominasi suara Jokowi-JK, seperti Jawa Tengah dan Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya