SOLOPOS.COM - Mahfud Md. (JIBI/Solpos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA —Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Mahfud Md., Selasa (15/7/2014), mengungkapkan data real count perolehan suara dari tiap daerah sudah masuk ke pusat penghitungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Meski demikian, data tersebut dinyatakannya masih harus diverifikasi kembali.

“Belum selesai. Datanya memang sudah masuk semuanya tapi yang sudah diverifikasi baru 72%,” kata Mahfud ketika dimintai konfirmasi wartawan tentang real count yang dilakukan PKS.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Mahfud menuturkan data yang masuk akan diverifikasi ulang ke daerahnya masing-masing. Hingga saat ini proses verifikasi masih berlangsung. “Jadi sisanya masih diverifikasi ke daerah,” ucap mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Info yang beredar adalah di real count PKS pun perolehan suara Jokowi-JK melebihi Prabowo-Hatta. Namun Mahfud enggan memberikan konfirmasi hal ini.

“Saya belum tahu, silakan tanya PKS. Lagipula kan sudah dilarang oleh KPI untuk mempublikasikan hasil real count,” katanya.

Sebaliknya, kubu Jokowi-JK mengklaim untuk sementara unggul dalam perolehan suara Pilpres 2014 berdasarkan perhitungan real count tabulasi Jokowi-JK yang terpusat di Kantor Partai Nasdem, Gondangdia, Jakarta.

Data dikumpulkan berdasarkan kiriman formulir C1 dari TPS seluruh provinsi di Indonesia. Jokowi-JK mendapatkan suara 53,46% atau unggul 6,92% dibandingkan pasangan nomor urut satu Prabowo-Hatta 46,54%. Hingga 15 Juli 2014 data yang masuk telah mencapai lebih dari 90%, diharapkan pada 20 Juli 2014 atau sebelum pengumuman real count KPU sudah bisa 100%.

“Secara nasional kami menang di 24 provinsi. Total secara nasional 53,46 persen dengan suara C1 yang masuk lebih dari 90%,” ujar Koordinator Pengamanan Suara Jokowi-JK, Djarot Saifullah Hidayat, saat memaparkan hasil real count tabulasi Jokowi-JK di Jakarta.

Ia mengatakan pengumuman real count tabulasi Jokowi-JK tidak bermaksud untuk mendahului KPU  yang berwenang mengumumkan pemenang Pilpres 2014 secara resmi. Perhitungan tersebut bertujuan untuk mengawal suara dengan jujur dan adil supaya pilpres tidak dicurangi oleh siapa pun. (JIBI/Solopos/Detik)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya