SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan pengumuman penerbitan Perppu Cipta Kerja di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (30/12/2022). (Antara/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Solopos.com, JAKARTA — Kekayaan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melesat saat dirinya mulai menjadi menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2021, kekayaan Airlangga Hartarto tercatat Rp425,6 miliar atau naik berkali lipat dari tahun 2017 yakni senilai Rp83,5 miliar.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Solopos.com mengutip Bisnis, Selasa (7/3/2023), peningkatan harta kekayaan Menko Airlangga yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golongan Karya sangat signifikan.

Pada 2017, kala masih menjabat sebagai Menteri Perindustrian di era pemerintahan pertama Jokowi (2014-2019), Airlangga tercatat memiliki total harta kekayaan sebesar Rp83,5 miliar.

Pada masa peralihan menuju jabatan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto melaporkan harta kekayaan pada awal menjabat di posisi baru tersebut dengan nilai mencapai Rp253,6 miliar.

Artinya, selama dua tahun duduk di kursi Menteri Perindustrian, kekayaan Airlangga telah meningkat Rp170 miliar atau melesat 203 persen.

Pundi-pundi harta Airlangga terus meningkat setelah menjadi Menko Perekonomian.

Selang dua tahun berikutnya atau pada 2021, harta kekayaan Airlangga kembali melonjak Rp171 miliar atau tercatat sebesar Rp425,6 miliar.

Bila membandingkan dengan periode 2017, harta mantan anggota DPR itu bertambah Rp342 miliar atau meningkat hingga 409 persen.

Melihat lebih dalam ada beberapa penyebab sumber kekayaan Airlangga terus meningkat.

Selain naik akibat properti, perubahan paling mencolok dari kas dan setara kas yang pada 2017 di angka Rp3 miliar, pada 2021 melonjak menjadi Rp321 miliar.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Harta Kekayaan Luhut vs Airlangga Ratusan Miliar, Siapa yang Paling Kaya?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya