SOLOPOS.COM - Tema dan logo Hari Santri Nasional 2022 (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Hari Santri Nasional akan diperingati pada 22 Oktober 2022 mendatang.

Tema Hari Santri Nasional tahun ini adalah Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan yang diluncurkan Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas pada 27 September 2022 lalu di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Jawa Tengah.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Dikutip dari NU Online, Rabu (12/10/2022), tema ini dipilih karena mengandung pesan bahwa santri adalah pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Menurut Menteri Agama, santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja.

Baca Juga: Tema dan Link Download Logo Hari Santri Nasional 2022

Santri tidak hanya ahli dalam bidang keilmuan agama tetapi juga mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Meski bisa menjadi apa saja, santri tidaklah melupakan tugas utamanya menjaga agama. Menjaga martabat kemanusiaan adalah salah satu tujuan diturunkannya agama,” kata menteri yang akrab disapa Gus Yaqut itu.

“Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, santri harus selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,” lanjut menteri kelahiran Rembang, Jawa Tengah pada 4 Januari 1975 itu.

Baca Juga: Mendag Zulhas Beri Motivasi Ratusan Santri Ponpes Budi Utomo Solo

Selain meluncurkan peringatan dan temanya, Gus Yaqut juga meluncurkan logo Hari Santri Nasional 2022.

Logo ini mengandung berbagai makna filosofi sebagai berikut:

1. Merangkul

Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan, bermakna melindungi, memberikan empati dan kepedulian.

2. Jabat tangan

Makna keakraban dalam setiap pertemuan, saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan untuk saling membantu antar manusia dengan manusia yang lain.

3. Daun

Daun hijau tidak hanya memberikan kehidupan dan energi pada manusia tetapi juga memberikan harapan.

4. Infinity

Simbol tak terhingga (bahasa Inggris: infinity symbol) yang dilambangkan sebagai ?, merupakan simbol matematika yang mewakili konsep tak hingga.

5. Matahari, terdapat di tengah.

Selalu memberikan cahaya untuk kehidupan manusia, merupakan sumber energi alam semesta dan penghuninya, daya yang tak akan pernah habis.

6. Mata

Indra penglihatan manusia, untuk memandang segala hal, melihat keadaan di sekitar. Melihat dan mengamati apa yang terjadi dan apa yang bisa diperbuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya