SOLOPOS.COM - Hari Peduli Sampah Nasional dengan Gerakan, Yuk Pilah Sampah. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Mendukung Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) bersama orgasinasi lainnya terlibat aksi Gerakan, Yuk Pilah Sampah.

Organsiasi lainnya yang terlibat adalah Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (K BUMN), dan Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN bersama masyarakat menggelar gerakan tersebut pada 14-16 Februari 2022.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Dalam aksi Gerakan: Yuk Pilah Sampah berhasil memisahkan sebanyak 151 ton sampah ke dalam lima kategori. Yaitu sampah anorganik, sampah organik, sampah kertas, sampah elektronik, dan sampah masker.

Baca juga: Publik Khawatir Omicron Tapi Keberatan PCR Jadi Syarat Perjalanan

Sebagai informasi, OASE Kabinet Indonesia Maju adalah organisasi khusus gagasan Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden serta disepakati para pendamping Menteri Kabinet Indonesia Maju. Organisasi ini menjadi jejaring komunikasi dan koordinasi seluruh anggotanya dalam melakukan aktivitas yang berguna bagi masyarakat sejalan dengan program Kabinet Indonesia Maju.

Sedangkan DWP K BUMN adalah organisasi perempuan di lingkungan Kementerian BUMN serta BUMN untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional. IIP BUMN organisasi bersifat sosial dan kekeluargaan yang membina anggotanya untuk mendukung mewujudkan tujuan nasional. Yaitu menciptakan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera secara merata di Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung aksi Gerakan: Yuk Pilah Sampah. Dengan kegiatan ini kami berharap agar masyarakat khususnya karyawan dan istri di lingkungan BUMN aktif dan berkesinambungan dalam mengelola sampah mulai dari rumah sendiri. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi kelestarian bumi sekaligus ikut dalam membudayakan ekonomi sirkular,” kata Ketua Bidang 4 OASE Kabinet Indonesia Maju, dan Penasihat GIB DWP K BUMN – IIP BUMN, Liza Erick Thohir, Senin (21/2/2022).

Pilah Sampah
Kegiatan Pilah Sampah. (Istimewa)

Baca juga: Jabat Kepala Badan Pangan Nasional, Segini Harta Arief Prasetyo

Gerakan ini melibatkan 20.508 orang relawan dari OASE Kabinet Indonesia Maju, DWP K BUMN dan 65 Ikatan Istri Karyawan (IIK) BUMN. Dari total 151 ton sampah yang berhasil dipilah, sebanyak 56 ton sampah anorganik, 53 ton sampah organik, 29 ton sampah kertas, dan 7 ton sampah elektronik. Kegiatan ini juga diikuti sukarelawan dari 34 provinsi

Selain memilah sampah, GIB DWP K BUMN-IIP BUMN juga menyelenggarakan kampanye untuk menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional dengan menggelar kompetisi video melalui media sosial TikTok dengan hashtag #HariPeduliSampahNasional2022.

Aksi pilah sampah ini diharapkan tidak berhenti sampai disini, namun menjadi sebuah gerakan berkesinambungan melalui berbagai kegiatan. Aksi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian ibu-ibu keluarga besar BUMN, dalam rangka berkontribusi aktif menjaga kelestarian lingkungan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya