SOLOPOS.COM - Susilo Bambang Yudhoyono (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melakukan kunjungan kerja selama 4 hari ke Tokyo, Jepang, guna menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Peringatan 40 Tahun Kerja Sama ASEAN-Jepang. Presiden dijadwalkan bertolak meninggalkan Jakarta, Kamis (12/12/2013) hari ini, dan bakal kembali lagi ke ibu kota negara pada Minggu (15/12/2013).

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan salah satu pokok bahasan dalam KTT tersebut adalah implementasi ASEAN-Jepang Strategic Economic Cooperation Roadmap (2012–2022), Rancangan itu dibahas dalam rangka mendukung pemajuan masyarakat ekonomi ASEAN 2015.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Dalam kunjungan kerja tersebut, lanjutnya, SBY juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Selain itu, lanjutnya, kedua pemimpin juga akan membahas berbagai isu strategis di kawasan yang menjadi kepentingan bersama.

“Kedua pemimpin akan membahas berbagai perkembangan hubungan dan kerja sama antara kedua negara, termasuk upaya-upaya peningkatan kerjasama perdagangan, investasi, infrastruktur, dan ketenagakerjaan,” ujar Faiz, Rabu (12/12/2013).

SBY juga direncanakan mengadakan pertemuan dengan kalangan pengusaha Jepang yang tergabung dalam Japan-Indonesia Association (Japinda). Delegasi Jepang yang akan dipimpin oleh Yasuo Fukuda, mantan Perdana Menteri Jepang, terdiri atas para CEO perusahaan-perusahaan raksasa terkemuka Jepang seperti Mitsubushi, Marubeni, Toshiba, Sumitomo, dan Toyota.

“Selama di Tokyo, Presiden juga akan memberikan kuliah umum mengenai Regional Security Architecture di Kensei Kinen Kaikan,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya