SOLOPOS.COM - Ilustrasi kelulusan siswa SMA dan SMK (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO—Pengunguman hasil kelulusan SMA atau SMK dilakukan Jumat (5/5/2023) pukul 13.45 WIB secara daring.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah VII Jawa Tengah, Suratno kepada Solopos.com, Jumat (5/5/2023). 

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Suratno menyebut pengumuman kelulusan dilaksanakan secara daring. “ Pengumuman kelulusan SMA dan SMK dilaksanakan secara daring atau online,” kata dia. Hal ini berdasar pada Surat Edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah nomor 421.3/04242. 

Lalu didasarkan pada pengumuman kelulusan sebagaimana tercantum Pasal 7 ayat (1) c peraturan kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 004/H/EP/2023, 008/H/EP/2023 dan Surat Edaran Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar (Asesmen Sumatif) Pada Satuan Pendidikan Jenjang SMA, SMK dan SLB di Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 /2023 tanggal 7 Maret 2023.

Dalam surat edaran disebut kelulusan peserta didik ditetapkan oleh satuan atau program pendidikan yang bersangkutan. Mekanisme ini dilakukan melalui rapat dewan guru dengan alur dan jadwal yang sudah ditentukan.

Sementara pengumuman kelulusan dilakukan secara daring atau melalui website sekolah. Pembagian Surat Keterangan Lulus (SKL) dilakukan pada hari kerja yakni mulai8 Mei 2023.

Suratno menjelaskan bagi siswa yang lulus tidak merayakan secara berlebihan. Terutama kebiasaan siswa melakukan konvoi di jalan atau pun coret-coret seragam.

“Mengacu edaran dari Disdikbud Provinsi Jawa Tengah.  Siswa dilarang coret-coret dan konvoi di jalan serta kegiatan lain yang mengganggu ketertiban umum,” ujar dia.

Dia meminta untuk merayakan kelulusan dengan sewajarnya. Hal ini agar tidak mengganggu masyarakat umum. Menurutnya konvoi di jalan, selain mengganggu pengguna jalan, juga berbahaya sebab melanggar peraturan lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya