SOLOPOS.COM - Subsidi gaji 2022 atau bantuan subsidi upah (BSU) untuk pekerja disebut-sebut akan cair pada pekan depan.(Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencairkan Bantuan Subsidi Upah atau BSU 2022 mulai Senin (12/9/2022).

Proses pencairan Bantuan Subsidi Upah 2022 akan dilakukan secara bertahap.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi menyampaikan pemerintah telah memproses pencairan dana BSU tahap pertama senilai Rp2,61 triliun bagi 4,36 juta orang pekerja atau buruh.

“Insya Allah dana BSU Rp600.000 bisa diambil secara bertahap mulai Senin depan sesuai operasional Bank Himbara. Saya mengingatkan, tahap pertama ini penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara ya,” kata Anwar, dikutip Senin (12/9/2022).

Baca Juga: Forum Peduli Buruh Sukoharjo Tegas Tolak BSU: Batalkan Kenaikan Harga BBM!

Lalu bagaimana mekanisme penyaluran BSU 2022? Melalui akun Instagram resmi @kemnaker, nantinya pemerintah dalam hal ini BPJS Ketenagakerjaan memilih data calon penerima yang memenuhi syarat.

Kemudian, Kemenaker akan melakukan check and screening seperti kelengkapan data, kesesuaian format data, dan duplikasi data, serta pemadanan data.

Jika data clean dan lengkap, data akan dilimpahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kemenkeu. Nantinya, KPPN melakukan pencairan dana ke rekening Himbara (Bank Himbara, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan PT Pos Indonesia).

Untuk dana yang disalurkan melalui Pos Indonesia, penyaluran akan dilakukan secara langsung ke BSU dengan cara: Penerima datang langsung ke kantor pos, Petugas Pos datang ke komunitas/perusahaan, atau Diantar langsung ke rumah penerima BSU.

Baca Juga: Penyaluran BLT BBM Sukoharjo Rampung Pekan Ini, 30 Menit Layani 50 Warga

Adapun, Pos Indonesia akan melakukan pembukuan rekening Posgiro secara kolektif untuk seluruh penerima BSU.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Cair Hari Ini, Simak Mekanisme Penyaluran BSU 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya