SOLOPOS.COM - Pelopor Hari Bumi, Geylord Nelson (Twitter.com)

Hari Bumi menjadi hari peringatan untuk mencintai lingkungan sekitar.

Solopos.com, SOLO — Pada 22 April 1970, 20 juta orang Amerika Serikat turun ke jalan, taman, dan auditorium untuk memperjuangkan lingkungan yang sehat. Sejumlah perguruan tinggi dan komunitas lingkungan hidup mengorganisasi satu gerakan menentang kerusakan lingkungan.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Gerakan tersebut dipimpin oleh Gaylord Nelson, seorang mantan Senator Amerika Serikat di Wisconsin. Gerakan tersebut sekaligus menjadi cikal bakal Hari Bumi.

Perjuagan Geylord Nelson yang lahir pada 4 Juni 1916 tersebut, dikenang hingga sekarang. Terkait dengan itu, ada banyak cara untuk memperingati Hari Bumi. Berikut, Solopos.com himpun dari Latintimes, Rabu (22/4/2015), lima kegiatan menyenangkan yang dilakukan orang Amerika Serikat dalam memperingati Hari Bumi.

1. Mini Garden Tour
Mini Garden Tour adalah kegiatan yang cocok dilakukan untuk anak-anak. Tidak perlu banyak biaya dalam kegiatan ini. Biasanya orang tua di Amerika Serikat cukup mengajak anak-anak mereka berkeliling kebun atau taman, lalu membuat kerajinan tangan bertema lingkungan. Para orang tua tersebut mengajak anak-anak membuat kerajinan tangan berbahan dasar dari alam. Harapannya, anak dapat mengerti pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

2. Earth Day Rockaway
Kegiatan  Earth Day Rockaway, biasanya dilakukan di  tepi pantai Rockaway. Apabila kegiatan ini diadopsi di Indonesia, Anda dapat mengganti lokasi pantai Rockaway dengan pantai-pantai di Indonesia, yang lebih memungkinkan untuk didatangi. Dalam kegiatan ini, biasanya orang tua mengajak kerabat dan anak-anak untuk kenal lebih dekat tentang sumber daya alam yang ada di dalam laut.

3. Queens Botanical Garden
Queens Botanical Garden ini menjadi salah satu acara wajib. Serangkaian acara ini juga dikemas dalam The Arbor Festival. Dalam The Arbor Festival, semua orang di segala usia bisa mendapatkan banyak makanan, kerajinan, dan masuk ke kebun binatang. Tiket masuk untuk mengikuti acara ini gratis, namun tiap item memiliki harga masing-masing. Tetap sedia uang, ya…

4. 5K Walk & Green Tour
Gerakan 5K Walk & Green Tour, diselenggarakan oleh Earth Day New York. Kegiatan dalam gerakan ini berfokus untuk mempelajari lebih lanjut tentang tempat-tempat hijau di Kota New York. Dalam acara ini juga ada penggalangan dana untuk mendapatkan uang tentang program pendidikan lingkungan.

5. The Green Festival Expo
Kegiatan The Green Festival Expo diadakan sepanjang hari selama peringatan Hari Bumi. Ada pelbagai macam acara, mulai dari pameran produk tumbuhan, belanja untuk keperluan pertanian, hingga seminar inspirasi bertema lingkungan.

Nah, lima kegiatan orang Amerika Serikat tersebut, bisa juga dilakukan di Indonesia dengan pelbagai penyesuaian. Selamat Hari Bumi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya