SOLOPOS.COM - Meme Hari Antikorupsi Internasional (HAKI) 2015. (Twitter.com/@urbancikarang)

Hari Antikorupsi Internasional (HAKI) tahun ini bertepatan dengan pilkada 2015.

Solopos.com, SOLO — Hari Antikorupsi Internasional (HAKI) tahun ini diperingati tepat saat pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, Rabu (9/12/2015).

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Sehubungan dengan peringatan Hari Antikorupsi Internasional ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abdul Basir, berhatap hari tersebut menjadi momentum bagi seluruh penyelenggara negara dan penegak hukum untuk menyetop praktik korupsi.

“Enggak boleh ada lagi, setop sudah [korupsi]. Indonesia ini sudah terlalu banyak perkara-perkara yang disidangkan di Tipikor. Setop sudah dengan momentum ini [Hari Antikorupsi],” kata Abdul Basir, sebagaimana dilansir Okezone, Rabu.

Menurut Abdul Basir, Hari Antikorupsi ini harus dimaknai sebagai implementatif perilaku yang komprehensif dari masyarakat, pejabat negara, penyelenggara negara sampai dengan para penegak hukumnya yang menjunjung tinggi nilai antikorupsi.

“Kita bangun kehidupan bernegara, mulai masyarakat, dan semua pihak untuk menjunjung tinggi nilai-nilai antikorupsi. Itu sebenarnya,” ujar Abdul Basir.

Untuk itu, Abdul Basir, jaksa yang menangani kasus dugaan korupsi mantan Menteri Agama Suryadharma Ali ini mengatakan, para penegak hukum, baik Polri, Kejaksaan, serta KPK harus memaksimalkan fungsi-fungsinya dalam hal pencegahan dan penindakan.

“Tentu dengan penindakan saja tidak cukup, juga harus diiringi pencegahan. Begitu juga sebaliknya, kalau pencegahan tok tanpa diikuti penindakan gak akan efektif,” tukas Abdul Basir.

Sementara itu, pantuan Solopos.com pada media sosial Twitter, publik di Internet (netizen) menggaungkan tanda pagar (tagar) #HariAntiKorupsi, hingga menjadi salah satu trending topic selain tagar #Pilkada2015. Ada sejumlah kicauan netizen melalui tagar tersebut.

“Bangsa ini tidak kekurangan orang pinter, tapi kekurangan orang jujur. #HariAntiKorupsi 9 Desember,” tulis @urbancikarang.

“Karena koruptor telah merampas hak kita untuk hidup yang layak! #HariAntiKorupsi #MalingBerdasi,” tulis @_ssadewa.

Smoga ibu2 terus bertanya sumber, berapa penghasilan & tdk terjebak dg khidupan hedon #HariAntiKorupsi #PosititifkanAceh @MaTA_Aceh @iloveaceh,” tulis @Skamaruzzaman.

“Selamat Hari Antikorupsi, mari beri sanksi kepala daerah yang sering ingkar janji. Jangan dipilih lagi #HariAntikorupsi #haki2015,” tulis @TamaSLangkun.

#HariAntiKorupsi kejujuran, keterbukaan, dan transparan seseorang adalah kunci untuk menjauhi korupsi ..Rasa tamak harus dihilangkan!” tulis @lyn_407.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya