SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

JAKARTA – Standard & Poor’s Ratings Services menyatakan melambungnya harga minyak akan berdampak negatif terhadap peringkat sejumlah negara di Asia Pasifik. Menurut lembaga pemeringkat itu, kenaikan harga minyak yang berkelanjutan akan mengkatalisasi perubahan peringkat sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Negara yang mensubsidi harga minyak terancam terkena pemeringkatan apabila harga minyak rata-rata dalam setahun ini berada di atas US$150 per barel,” papar Analis Kredit Standard & Poor’s Kim Eng Tan, Senin (30/4/2012). Dia menilai subsidi harga bahan bakar minyak (BBM) akan memperlemah fiskal dan indikator eksternal lain yang mempengaruhi pemeringkatan.

Namun, dia mengakui bagi sejumlah negara penurunan subsidi harga BBM akan berdampak terhadap instabilitas politik. “Di India dan Sri Lanka, kami menilai harga BBM dan subsidi yang terkait akan memperburuk fiskal dan level subsidi. Meski, hal ini diiringi dengan pertumbuhan ekonomi yang positif, hasil pemeringkatan bisa negatif.”

Harga minyak turun dari penutupan tertinggi dalam hampir empat pekan karena investor berspekulasi kenaikan komoditas ini tidak berlanjut. Harga turun 0,3% setelah naik 1,8% pada pekan lalu. Harga naik 27 April setelah lonjakan terbesar pada belanja konsumen AS dalam lebih dari setahun dan sejalan laba perusahaan yang lebih baik daripada proyeksi.

Harga minyak mentah untuk penyerahan Juni berada pada US$104,78 per barel, turun 15 sen, di New York Mercantile Exchange pukul 7.53 waktu Singapura. Pada 27 April harga kontrak tersebut naik 38 sen atau 0,4% menjadi US$104,93 per barel, penutupan tertinggi sejak 2 April. Harga 1,7% lebih tinggi bulan ini dan naik 6% tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya