SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

GUNUNGKIDUL—Sejak 10 hari terakhir harga daging sapi di Gunungkidul mencapai Rp90.000 per kilogram. Mahalnya harga daging sapi membuat penjual rugi sekitar 50% karena sepi pembeli.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Darmono, salah satu penjual daging sapi di Pasar Argosari, Kecamatan Wonosari, mengaku saat ini harga daging sapi super menembus Rp90.000 per kilogram, padahal 10 hari sebelumnya masih Rp80.000.  Kondisi demikian membuat kiosnya sepi dari pembeli.
“Pendapatan berkurang sampai separuh,” ungkapnya, Selasa (22/1/2013).

Harga daging kambing pun mengalami lonjakan serupa. Harga daging kambing, kata Darmono, saat ini Rp85.000 per kilogram. Naik Rp5.000 dari harga sebelumnya. Darmono berharap pemerintah bisa mengatasi kenaikan harga daging saat ini.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertambangan (Disperindagkoptam), Siwi Iriyani mengatakan,  lonjakan harga daging sapi tidak hanya terjadi di Gunungkidul. Meski demikian, pedagang tidak sampai mogok seperti di Kota Jogja. “Kalau mogok akan tambah rugi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya