SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

SOLO—Memasuki pekan kedua bulan Puasa harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Solo cenderung stabil. Bahkan beberapa komoditas seperti daging ayam, telur dan cabai mengalami penurunan harga.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Kalangan pedagang menilai, harga stabil karena belum terjadi lonjakan permintaan. Pedagang daging ayam, Menuk menyampaikan pekan ini harga daging ayam turun dari Rp27.000 hingga Rp28.000 per kilogram pada pekan lalu menjadi Rp26.000 per kilogram.

“Dan penjualan kami juga masih sangat minim. Pasokan sebanyak 45 kilogram sehari saja belum tentu habis. Pagi ini saja pasar masih sangat sepi,” kata Menuk, saat
ditemui di Pasar Legi, Senin (30/7/2012).

Dia mengatakan, pekan depan harga akan kembali bergerak melihat situasi pasar. “Biasanya sih kalau mendekati Lebaran harga akan naik lagi. Tapi, lihat dulu pekan besok. Kalau memang ramai, bisa jadi harganya kembali naik,” imbuh Menuk.

Harga telur, kata dia juga turun. Pekan lalu harga telur masih berkisar Rp14.000 per kilogram. Awal pekan ini turun menjadi Rp13.500 per kilogram.

Pedagang lain, Ny Purwanto juga menyampaikan beberapa harga kebutuhan
seperti bawang merah, cabai merah besar, cabai rawit merah juga mengalami penurunan harga. Cabai merah besar turun dari harga Rp12.000 per kilogram menjadi  Rp10.000 per kilogram. Cabai rawit merah turun dari Rp14.000 per kilogram menjadi Rp10.000 per kilogram.

“Kalau bawang merah, penurunan harga terjadi karena saat ini sedang musim
panen terutama di wilayah Brebes dan Probolinggo. Kalau cabai, selain
karena sedang panen permintaan saat ini juga masih sepi.” Harga bawang
putih masih stabil di kisaran harga Rp15.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya