SOLOPOS.COM - Penjual menunjukkan emas batangan. (Dok/JIBI/Bisnis)

Harga emas hari ini untuk acuan Comex naik 22,9 dolar AS 2,16% menjadi menetap di 1.084,10 dolar AS per ounce.

Solopos.com, NEW YORK – Harga emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB). Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari naik 22,9 dolar AS atau 2,16% menjadi menetap di 1.084,10 dolar AS per ounce.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Dilansir Antara mengutip laporan Xinhua, Sabtu (5/12/2015), kenaikan itu terjadi saat dolar AS menunjukkan pelemahan dan para pedagang melakukan short covering, pembelian kembali komoditas dalam jumlah yang sama untuk mendapat keuntungan setelah menjual komoditas itu karena memperkirakan harganya turun.

Dalam pekan ini, harga emas berjangka bertambah 2,64 %, kenaikan mingguan pertama sejak 16 Oktober lalu.

Emas mendapat dukungan ketika Indeks Dolar AS turun 0,43 % menjadi 98,34 pada pukul 18.45 GMT, karena pasar terus bereaksi terhadap keputusan pertemuan Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) yang menunjukkan ekspansi lebih kecil dari perkiraan atas rencana stimulus pembelian obligasi ECB menurut para analis.

Emas menerima dukungan lebih lanjut karena para pedagang menetap dengan short positions, penjualan komoditas yang dimiliki dari meminjam ke pihak lain dengan harapan nilainya akan jatuh.

Mereka melakukan tindakan itu karena meningkatnya harapan akan kenaikan suku bunga di pertemuan Komite Pasar Terbuka The Federal Reserve Amerika Serikat (FOMC) yang dijadwalkan 15-16 Desember, setelah laporan yang dirilis Departemen Tenaga Kerja negara itu menunjukkan penggajian non-pertanian meningkat menjadi 211.000 pada November.

Para analis juga mencatat bahwa angka dua bulan sebelumnya direvisi naik sebesar 35.000, memberikan kredibilitas lebih lanjut untuk prospek kenaikan suku bunga pada Desember.

Analis percaya pasar sekarang sepenuhnya telah memperhitungkan ekspektasi kenaikan suku bunga Desember. CMEGroup menyiratkan kemungkinan pertemuan FOMC bulan tersebut sekarang 78 persen.

Sementara itu, perak untuk pengiriman Maret bertambah 45,1 sen atau 3,20 % menjadi ditutup pada 14,528 dolar AS per ounce.

Platinum untuk pengiriman Januari naik 33,1 dolar AS, atau 3,91 %, menjadi ditutup pada 880,60 dolar AS per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya