SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah durian. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Ketua Yayasan Durian Nusantara, Reza Tirtawinata, pada awal 2021 mengatakan durian ochee segera menjadi bintang baru. Belakangan ini durian yang menjadi raja adalah musang king. Kini permintaan durian jenis ini sangat tinggi.

”Kalau sekarang orang menanam durian musang king, lima tahun ke depan jangan berharap situasi akan sama,” kata Reza. Ia mengatakan itu pada Maret 2021. Harga durian ochee terbaik sekarang mencapai Rp650.000 per kilogram.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Pada awal 2021 itu, Malaysia sebagai tempat asal durian musang king dan eksportir durian terbesar ke China  mulai membudidayakan durian ochee atau durian berduri hitam. Kualitas daging durian ini menurut para pencinta durian luar biasa.

Daging buah berwarna oranye yang menggumpal seperti kepalan tangan. Daging buah keriput yang berarti sari pati air berkurang sehingga rasa jadi pekat. Dari sisi rasa mengalahkan musang king dan harganya juga lebih tinggi. Data lengkap bisa dibaca di Si Duri Hitam Membuka Sejarah Baru Budi Daya dan Bisnis Durian.

Laporan terbaru menyatakan banyak pedagang non-fungible token atau NFT terlibat dalam wash trading atau wash trade. Kini makin banyak orang di pasar NFT yang membeli NFT mereka sendiri untuk menaikkan harga.

Demikian laporan yang dirilis pekan lalu oleh perusahaan data blockchain Chainalysis. Wash trade atau wash trading adalah aktivitas ilegal yang dilakukan dengan kerja sama antara broker dan trader dengan cara membuat informasi yang menyesatkan dan mendapatkan keuntungan dari informasi tersebut.

Praktik semacam ini kali pertama terjadi pada 1930-an. Saat itu para pedagang atau trader secara curang memanipulasi nilai saham untuk mendapatkan keuntungan. Kasus semacam ini muncul lagi pada 2013. Selengkapnya bisa dibaca di Makin Marak Pedagang Menjual NFT di Internal Mereka untuk Naikkan Harga.

Produktivitas lele di Boyolali telah mencapai 600 ton per bulan. Jika kapasitas produksi meningkat menjadi satu ton maka keuntungan disebut bisa mencapai Rp3,6 triliun. Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono, mengatakan itu saat berkunjung ke Kampung Lele Tegalrejo, Sawit, Boyolali, akhir Januari 2022.

Volume produksi 600 ton itu berasal dari 2.000 kolam lele. Ada dua kelompok pembudi daya lele di Kampung Lele tersebut. Harga jual lele Rp17.500 hingga Rp17.900 per kilogram dan area pemasaran lele dari Sawit itu adalah Solo dan Jogja.

Pembudi daya lele di tempat itu menggunakan teknologi semi intensif didukung sarana input dan pascaproduksi. Tak semua lele langsung dijual. Sebagian diolah oleh Kelompok Wanita Mina Utama atau Karmina untuk dijadikan keripik daging lele, keripik, kulit lele, keripik sirip lele, hingga abon lele. Cerita lengkap tersaji di Potensi Cuan Rp3,6 Triliun dari Lele Boyolali.

Sebanyak 81,33% dari 75 jenis soto di Indonesia mudah ditemui di Pulau Jawa. Jenis soto lainnya bisa ditemui di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat.

Soto bisa jadi menduduki peringkat atas makanan paling populer di Indonesia bersama nasi goreng, nasi padang, dan bakso. Catatan Lokadata menunjukkan saat ini di Indonesia terdapat 49 resep soto dan 75 jenis soto di 22 wilayah kuliner di Indoensia (Islahuddin, 2017).

Data yang dihimpun tim Ensiklopedi Dapur Rakyat Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kini menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menunjukkan ada 174 resep soto dari 20 wilayah.

Basis soto adalah sup. Karakteristik sebagai makanan rumahan membuat soto mudah diterima sebagaimana sup. Menurut Janet Clarkson dalam Soup: A Global History (2010), sup merupakan wujud hidangan universal yang sebenarnya dengan esensi berupa sajian beraneka bahan makanan yang dimasak dalam kuah berempah. Data lengkap bisa dibaca di Kisah Akulturasi Budaya Tionghoa dan Nusantara dalam Semangkuk Soto.

Rapat tahunan ke-5 Kaukus Indonesia untuk Kebebasan Akademik (KIKA) yang diselenggarakan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, secara hibrida pada 3-4 Februari 2022 menyerukan negara tak boleh mengintervensi kebebasan akademis.

Rapat tahunan ke-5 itu menekankan pada refleksi kebebasan akademis pada 2021 dan proyeksi kebebasan akademis pada 2022. Rapat tahunan yang diselenggarakan secara hibrida itu diikuti akademisi anggota KIKA yang berada di Kota Semarang, Jakarta, Bogor, Melbourne (Australia), Kota Jogja, dan Samarinda.

Cendekiawan Riwanto Tirtosudarmo pada sesi pembukaan, secara daring, menyampaikan pengantar tentang urgensi penguatan kebebasan akademis dan refleksi terhadap tanggung jawab akademikus.

Berdasarkan tren pelanggaran kebebasan akademis yang terjadi pada 2021 dan proyeksi untuk perlindungan dan penghormatan kebebasan akademis pada 2022, topik kebebasan akademis menjadi pembahasan utama dalam rapat tahunan KIKA pada awal 2022 tersebut. Duduk perkara bisa dibaca di Persekutuan Oligarki dan Kampus Kendala Pemajuan Kebebasan Akademis.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya