SOLOPOS.COM - SPBU Malaysia (foto detikcom)

Harga BBM di Malaysia kembali mengalami penurunan. RON95 atau setara Pertamax Plus kini Rp5.970 per liter sedangkan RON97 dihargai Rp7.000 per liter.

Solopos.com, KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia mengumumkan kebijakan penurunan harga Bahan Bakar Minyat (BBM) seiring dengan penurunan harga minya dunia.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Di Malaysia, bensin jenis RON95 atau setara Pertamax Plus dihargai RM1,70 atau sekitar Rp5.970 per liter. Dengan begini, Malaysia telah menurunkan harga RON95 sebanyak 21 sen seperti dilaporkan kantor berita Malaysia, Bernama, Minggu (1/2/2015).

Selain RON95, RON97 juga mengalami penurunan harga 11 sen menjadi RM2 atau sekitar Rp7.000 per liter.

Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Konsumen Datuk Seri Hasan Malek mengatakan harga baru ini telah berlaku 1 Februari 2015. Harga baru juga berlaku untuk eceran diesel atau setara Solar yang turun 23 sen menjadi RM 1,70 atau setara Rp 5.970 per liter.

“Ini sesuai pengumuman pemerintah pada 21 November 2014 bahwa mulai 1 Desember 2014 harga eceran RON95 dan diesel akan disesuaikan dengan metode atau kaedah pengapungan terkendali,” kata Hasan.

Penentuan harga bensin dan diesel di Malaysia saat ini disesuaikan berdasarkan rata rata harga produk sepanjang Januari. Selain itu, penurunan harga juga berdasarkan perhitungan nilai tukar atau kurs mata uang.

Hasan mengingatkan agar pengusaha SPBU mengikuti harga BBM baru yang berlaku mulai hari ini. “Tindakan tegas akan dikenakan bagi mereka yang melanggar harga yang telah ditetapkan pemerintah,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya