SOLOPOS.COM - RAMAH LINGKUNGAN -- Kereta kuda milik pasangan Dean Wiles dan Lisa Wilde melintasi jalanan perkotaan. (dailymail.co.uk)

RAMAH LINGKUNGAN -- Kereta kuda milik pasangan Dean Wiles dan Lisa Wilde melintasi jalanan perkotaan. (dailymail.co.uk)

LONDON – Bukan cuma orang Indonesia yang dipusingkan dengan kenaikan harga BBM – walaupun sementara ini belum jadi. Orang Inggris juga sama pusingnya karena di sana tak ada subsidi sehingga harga BBM akan naik turun mengikuti kondisi pasar minyak dunia.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Nah, sebuah keluarga di Feering, Essex, Inggris, mengambil langkah nyeleneh namun realistis untuk menghindari harga BBM yang terus melambung saat ini. Mereka memiliki memensiunkan mobil mereka, sebuah Land Rover, dan beralih ke kereta kuda seperti di zaman dulu! Pasangan Dean Wiles dan Lisa Wilde bersama tiga anak mereka kini beraktivitas dengan menggunakan kereta yang ditarik sepasang kuda yang dipakai ke mana pun, mulai dari mengantar dan menjemput sekolah hingga belanja.

“Harga BBM sekarang gila-gilaan. Belum berapa lama dengan uang 20 poundsterling (senilai lebih kurang Rp291.000) tangki mobil saya bisa terisi seperempat. Sekarang dengan uang segitu indikator BBM di mobil masih belum bergeser,” ujarnya seperti dikutip Daily Mail. “Akhirnya kami putuskan kami sudah enggak sanggup lagi dengan biaya BBM dan kami tidak menyesalinya. Kuda-kuda saya toh butuh latihan juga, jadi sekalian saja,” imbuh perempuan yang memang pehobi kuda dan keluarganya bergerak di bisnis perbaikan kandang kuda ini. “Memelihara kuda memang mahal juga, tapi kini biayanya jadi sepadan dengan manfaatnya,” katanya.

Lisa mengakui, bepergian dengan kereta kuda jauh lebih lama dibandingkan dengan naik mobil, namun dia merasa hal itu sepadan karena dia tak perlu menyisihkan waktu lain untuk melatih kuda-kudanya. Perubahan gaya hidup keluarga ini menurut Lisa membuat mereka jadi terkenal di wilayah mereka.

Putri sulungnya, Eleanor, 15, sampai kini memang masih sering merasa malu kalau diantar dengan kereta kuda ke sekolah karena semua orang akan melihatnya saat dia turun, tapi toh dia juga tak pernah mau pergi dengan cara lain. Sebaliknya sang adik, Benjamin, 9, sangat bangga dengan tunggangan barunya. “Semua orang di sekolah selalu menyapaku ‘Wow, Ben, ini betul kamu yang naik kereta?'” katanya. “Teman-temanku juga suka mengelus kuda-kuda dan minta ikut pulang naik kereta,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya