SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Andi Rambe)

Harga BBM akan turun mulai Senin (19/1/2015). Sejumlah SPBU di Solo mengurangi stok BBM untuk menekan kerugian.

Solopos.com, SOLO – Sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Solo mulai mengurangi stok bahan bakar minyak (BBM) seiring dengan rencana pemerintah menurunkan harga BBM mulai Senin (19/1/2015) pukul 00.00.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Direktur Umum SPBU Sekarpace, Joko Supeno, menyampaikan akan meminimalisasi stok BBM subsidi mulai Jumat (16/1/2015) untuk menekan nilai kerugian.

Menurut dia, delivery order (DO) kemarin hanya 20 kiloliter (KL) untuk premium. Dia mengatakan kebutuhan premium per hari biasanya hanya 16 KL sehingga sisa 4 KL untuk menjaga stok.

“Minggu [18/1] stok akan kembali dikurangi. Kami sudah mengajukan LO [loading order] untuk Minggu sebanyak 16 KL karena konsumsi harian turun menjadi 14 KL. Oleh karena itu, ada sisa 2 KL yang digunakan untuk melayani konsumen hingga DO datang di Senin pagi,” ungkap Joko kepada , Jumat.

Tak hanya itu, LO solar pun dikurangi.

Pengawas SPBU Puri Gading, Wahyu, mengatakan hingga Jumat pagi, stok masih normal dan belum dikurangi. Menurut dia, stok yang disediakan biasanya sebanyak omzet ditambah 20% sebagai cadangan apabila ada lonjakan konsumsi. L

ebih lanjut, pihaknya berharap pemerintah memberikan kompensasi atas kerugian pengusaha akibat penurunan harga BBM subsidi.

Marketing Branch Manager DIY-Surakarta PT Pertamina, Freddy Anwar, mengakui beberapa SPBU mulai mengurangi pengajuan LO menyusul rencana penurunan harga BBM subsidi.

Meski begitu, pihaknya mengimbau SPBU untuk tetap menjaga ketersediaan stok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama pada Minggu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya