SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak di SPBU. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Harga BBM baru segera diumumkan paling lambat besok.

Solopos.com, JAKARTA — Harga baru bahan bakar minyak (BBM) yang diberlakukan 1 April 2016 berpeluang diumumkan malam ini. Harga baru yang di-update setiap tiga bulan itu diperkirakan bakal turun seiring turunnya harga minyak dunia hingga bulan lalu.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan pihaknya telah memegang usulan harga BBM yang baru. Kendati demikian, pihaknya harus melapor terlebih dahulu kepada Menteri ESDM Sudirman Said dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Oleh karena itu, pengumuman harga BBM bisa dilakukan pada malam ini atau paling lambat besok, Selasa (29/3/2016). “Kalau enggak nanti malam, ya, besok disampaikan. Saya harus lapor dulu,” ujarnya di Direktorak Jenderal Ketenagalistrikan Jakarta, Senin (28/3/2016).

Lebih lanjut, terkait usulannya belum bisa disebut angka pastinya. Perkiraan penurunan sebesar kurang dari Rp1.000/liter itu pun harus dilaporkan terlebih dahulu secara formal. Adapun, pertimbangan penurunan harga kali ini harus melihat Means of Platts Singapore (MOPS) yang memiliki kecenderungan terkerek naik. Dengan demikian, harga tiga bulan berikutnya harus diantisipasi.

Di sisi lain, PT Pertamina (Persero) mengusulkan penurunan harga relatif tipis yaitu di angka Rp200 hingga Rp400 per liter. Pihaknya pun mempertimbangkan usulan tersebut. Saat ini, harga BBM jenis premium Rp7.050 per liter dan solar Rp5.650 per liter. “Usul dipertimbangkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya