SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA — Harga bawang putih kembali merangkak naik mencapai Rp50.000 per kilogram di pasar tradisional Jogja. Kenaikan harga disebabkan pasokan yang minim.

“Bawang kating harga mencapi Rp50.000 per kilogram. Kemarin masih Rp40.000 an,” ujar Yani,pedagang sayur di Pasar Beringharjo, Jumat (8/3/2013).

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Para pedagang menilai kenaikan harga bawang putih tidaklah wajar. Nining mengaku sudah sepekan ini tak ada lagi penyetok yang mengirimi bawang putih di kiosnya.

“Padahal ya, saya butuh, tapi mau bagaimana lagi, tidak ada penyetok yang kirim,” ujarnya.

Nining mengaku beberapa pedagang di sekitar losnya banyak yang tidak membuka lapaknya beberapa hari ini. Selain bawang putih, bawang merah juga mulai merangkak naik.

Kini bawang merah mencapai Rp35.000 per kilogram. Para pedagang mengaku petani lokal belum siap terhadap pembatasan impor bawang merah. Meski menguntungkan petani lokal, namun, pedagang mengaku ketersediaan barang belum memenuhi kebutuhan konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya