SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) menyapa warga seusai memberikan pidato pada perpisahan bertajuk Pesta Rakyat Terima Kasih Jawa Tengah di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/9/2023). (Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, JAKARTA — Politikus Partai Hanura Inas Nasrullah yakin bakal calon presiden Ganjar Pranowo bisa meraup banyak suara Generasi Z (Gen Z).

Alasannya, mantan Gubernur Jawa Tengah itu sering berkunjung ke kampus dan berinteraksi langsung dengan mahasiswa untuk menyampaikan gagasan.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Partai Hanura menjadi salah satu pendukung Ganjar Pranowo selain PDIP, PPP dan Partai Perindo.

“Interaksi para mahasiswa dengan generasinya akan sangat cair sehingga gagasan yang disampaikan melalui mahasiswa akan tersampaikan kepada generasi seusianya,” kata Inas dalam keterangan tertulis di Jakarta, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Rabu (20/9/2023).

Menurut Inas, kampus merupakan salah satu ladang suara bagi bacapres karena di sini jumlah Gen Z sangat banyak.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut jumlah mahasiswa di Indonesia pada 2023 mencapai 7,8 juta orang.

Sedangkan jumlah Gen Z di Indonesia di tahun yang sama ada 60 juta orang.

“Kampus adalah ladang suara baru yakni kaum Gen Z yang jumlahnya cukup banyak, menurut Badan Pusat Statistik, ” ujar Inas.

Berdasarkan Pasal 280 ayat 1 huruf H Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu melarang penggunaan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan untuk kampanye politik.

Namun dalam penjelasan UU tersebut menyebutkan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan bisa untuk kegiatan politik jika peserta pemilu hadir tanpa atribut kampanye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya