SOLOPOS.COM - Mendekati grand opening Masa Taaruf Penerimaan Mahasiswa Baru (Masta PMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta, calon mahasiswa baru UMS memenuhi ruang tes dan ruang registrasi di Gedung Induk Siti Walidah, Senin (24/7/2023).

Solopos.com, SOLO — Mendekati Grand Opening Masa Taaruf Penerimaan Mahasiswa Baru (Masta PMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta, calon mahasiswa baru UMS ramai memenuhi ruang tes dan ruang registrasi di Gedung Induk Siti Walidah, Senin (24/7/2023).

Berdasarkan data perbandingan yang didapatkan dari Ketua PMB sekaligus Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Dr., Triyono, S.E., M.Si, terdapat lonjakan pendaftar hingga tanggal 24 Juli 2023. Pada tahun 2022, total pendaftar adalah 23.714 orang, sedangkan untuk tahun 2023 mencapai 25.201 pendaftar. Begitu pula dengan para calon mahasiswa yang dinyatakan lolos dan registrasi.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Ini yang lolos hampir sama, tapi yang registrasi meningkat untuk yang tahun ini. Tahun lalu pada tanggal yang sama yaitu 5.768, sekarang 5.993,” ujar Triyono dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (25/7/2023).

Sebagian prodi di UMS telah mencapai batas kuota. Tetapi, Triyono mengatakan akan ada relaksasi penambahan kuota sebanyak 10%. Prodi yang sudah mencapai 100% di antaranya adalah Prodi Manajemen, Keperawatan, Hukum, Teknik Informatika, dan Farmasi.

Sebagian prodi di UMS telah mencapai batas kuota.
Special event tes online merupakan kali ke dua yang diselenggarakan UMS.

“Untuk yang lain-lain itu sudah terisi 78%-99%. Dan yang masih agak longgar adalah prodi-prodi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,” katanya.

Salah satu prodi yang hampir mencapai batas kuota adalah Psikologi, dengan sisa satu kursi. Saat ini, UMS membuka pendaftaran melalui jalur rapor, dan tes CBT offline, dan tes online dari rumah.

“Kami menyediakan jalur rapor boleh, kalau tidak lolos rapor, bisa jalur tes CBT. Kemudian kami membuka special event yaitu jalur tes online dari rumah yang InsyaAllah dilaksanakan tanggal 29 Juli,” ungkap Kepala BAA itu.

Ia menuturkan untuk special event tes online merupakan kali ke dua yang diselenggarakan UMS. Untuk saat ini, pendaftar tes online tahap 2 mencapai 593 orang.

Singgih Eko Yudhistira, S.I.Kom dari Bagian Humas UMS menerangkan promosi yang terus dilakukan oleh UMS menggunakan pendekatan content marketing. Promosi UMS yang digawangi oleh teman-teman Humas ini menerapkan promosi langsung ke end user-nya, yaitu Gen Z.

Sebagian prodi di UMS telah mencapai batas kuota.
Sebagian prodi di UMS telah mencapai batas kuota.

“Kami melakukan pendekatan melalui media sosial terutama Instagram dan TikTok biar dekat sama mereka dan relevan dengan mereka. Jadi kami bikin konten yang engage dengan mereka, termasuk salah satunya di Twitter sama Threads, media sosial yang baru,” jelas Singgih.

UMS membuat akun Threads untuk tetap dekat dengan mereka, mengikuti trend. “Jadi UMS join the trend,” lanjutnya.

Grand opening Masta PMB UMS akan dilakukan tanggal 1 Agustus 2023 di Edutorium UMS, dilanjutkan dengan rangkaian Masta Universitaria, Masta tentang IMM, dan Expo UKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya