SOLOPOS.COM - Israel menyerang jalur Gaza Palestina, Senin (9/10/2023). (Istimewa/Twitter atau X HolyPalestina)

Solopos.com, RAMALLAH — Pasukan Israel membalas serangan militan Hamas di wilayahnya dengan meningkatkan serangan di jalur Gaza. 

Tak hanya itu, pasukan Israel juga memblokir akses makanan, bahan bakar, dan pasokan lainnya sejak Senin (9/10/2023). 

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Akibatnya jumlah korban tewas dalam perang tersebut meningkat menjadi hampir 1.600 orang di kedua belah pihak. 

Adapun Hamas berjanji untuk membunuh warga Israel yang ditangkap jika serangan menargetkan warga sipil tanpa peringatan. 

Pada hari ketiga perang, Israel masih menemukan mayat-mayat korban serangan akhir pekan Hamas yang menakjubkan di kota-kota selatan Israel. 

Petugas penyelamat menemukan 100 mayat di komunitas pertanian kecil Beeri – sekitar 10% dari populasinya – setelah lama terjadi penyanderaan dengan orang-orang bersenjata. 

Di Gaza, puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka ketika serangan udara yang tiada henti meratakan bangunan. 

Dilansir Bisnis.com, militer Israel mengatakan mereka telah menguasai sebagian besar wilayah selatan setelah serangan itu membuat aparat militer dan intelijen mereka lengah dan menyebabkan pertempuran sengit di jalan-jalan Israel untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade. 

Hamas dan militan lainnya di Gaza mengatakan mereka menahan lebih dari 130 tentara dan warga sipil yang diculik dari wilayah Israel. 

Tank dan drone Israel dikerahkan untuk menjaga pagar perbatasan Gaza guna mencegah serangan baru. Ribuan warga Israel dievakuasi dari lebih dari selusin kota di dekat Gaza, dan militer memanggil 300.000 tentara cadangan – sebuah mobilisasi besar-besaran dalam waktu singkat. 

Tindakan tersebut, bersamaan dengan deklarasi perang resmi Israel pada hari Minggu, menunjukkan bahwa Israel makin agresif melakukan serangan terhadap Hamas, mengancam kehancuran yang lebih besar di Jalur Gaza yang berpenduduk padat dan miskin. 

“Kami baru mulai menyerang Hamas,” kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional. 

“Apa yang akan kita lakukan terhadap musuh-musuh kita dalam beberapa hari mendatang akan berdampak pada mereka dari generasi ke generasi,” tambahnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Hamas akan Eksekusi Sandera jika Pasukan Israel Targetkan Warga Sipil”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya